Empat Ketentuan Perhitungan Kolom Praktis yang Wajib Diketahui

Empat Ketentuan Perhitungan Kolom Praktis yang Wajib Diketahui

kolom praktisDalam merancang bangunan, mas bro perlu memperhatikan perhitungan kolom praktis. Perlu diketahui bahwa kolom harus dibangun dari bagian dasar (lantai). Selain itu, mas bro juga perlu memastikan kalau posisi kolom di tiap lapisan atau lantai tidak boleh berubah-ubah. Di sisi lain, beban kolom bisa berbeda selama mas bro mempertahankan letaknya. Bahkan ukuran atau dimensi kolom harus diubah pada tiap lantai, supaya kekakuannya stabil.

Balok portal dalam struktur dirancang untuk merangkai satu kolom dengan kolom lain untuk menciptakan kesatuan. Terdapat jepit-jepit yang berfungsi untuk menghubungkan balok dengan kolom praktis tadi. Jepit tersebut juga berfungsi untuk menopang momen dalam posisi verikal maupun horisontal. Mas bro juga dapat menambah tebal di bagian pangkal pertemuan kolom agar balok menjadi lebih kaku.

Selain itu, ada empat ketentuan dalam perhitungan kolom praktis, yaitu:

  1. Ketika merancang kolom, mas bro harus memastikan kalau kolom tersebut dapat menopang bobot aksial yang terfaktor. Kolom tersebut juga harus bisa berfungsi pada atap atau lantai. Momen maksimumya pun harus berasal dari bobot terfaktor yang terletak pada bentangan terdekat di lantai atau atap. Paduan pembebanan yang menciptakan rasio maksimum yang berasal dari momen terhadap bobot aksial pun perlu diperhatikan.
  2. Mas bro harus memperhitungkan konstruksi dari struktur berkelanjutan, karena sering terjadi ketidakstabilan lantai maupun atap terhadap kolom. Jangan lupa juga untuk memeriksa efek bobot eksentrisnya.
  3. Ujung-ujung paling jauh yang terdapat pada kolom dapat mas bro jadikan jepit saat melakukan perhitungan momen yang diakibatkan gravitasi pada kolom. Asalkan ujung-ujung tadi menyatu dengan bagian atau komponen struktur lain.
  4. Terakhir, momen-momen yang berperan dalam tiap lapisan atau lantai maupun atap harus disalurkan pada kolom di bagian atas dan bawah. Hal tersebut perlu didasarkan pada kekakuan relatif kolom. Mas bro juga harus memperjatikan kondisi dari kekekangan yang berada pada bagian ujung kolom tersebut.

Semoga informasi seputar perhitungan kolom praktis ini bermanfaat buat mas bro!

Daftar Harga Kolom Praktis Terupdate

No Ukuran(Meter) Harga
1 Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x 3m Rp. 40.000/3m
2 Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x4m Rp. 53.000/4m
3 Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 3m Rp. 60.000/3m
4 Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 4m Rp. 80.000/4m
5 Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 3m Rp. 90.000/3m
6 Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 4m Rp. 120.000/4m
Catatan: Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Toko Besi Permata
Ditulis oleh:

Toko Besi Permata

Kami menyediakan berbagai jenis besi, logam, dan bahan bangunan lainnya dengan kualitas Standar Nasional Indonesia (SNI) harga terjangkau.

Dapatkan penawaran menarik khusus August

Toko Besi Permata, Jakarta

Informasi Terkait

[Besi CNP]

Detail Ukuran Besi Cnp Kanal C

Detail Ukuran Besi Cnp Kanal C
[Besi Beton]

Sejarah, Kandungan dan Manfaat Besi

Sejarah, Kandungan dan Manfaat Besi
[Besi Beton]

Cara Merakit Besi Tulangan Sloof

Cara Merakit Besi Tulangan Sloof
[Besi Beton]

Tips Memasang Besi Tulangan Sloof dan Kolom

Tips Memasang Besi Tulangan Sloof dan Kolom
[Besi Beton]

Mengapa Harus Besi Beton?

Mengapa Harus Besi Beton?
[Besi Beton]

Kualitas dan Harga Besi Beton

Kualitas dan Harga Besi Beton