Definisi dan Peran Kolom Praktis untuk Bangunan

Definisi dan Peran Kolom Praktis untuk Bangunan

Apa mas bro familier dengan istilah struktur kolom praktis? Dalam merancang bangunan seperti rumah atau gedung, keberadaan kolom sangat diperlukan. Kolom praktis dibutuhkan agar bangunan yang dirancang punya ketahanan yang stabil. Bahkan kolom praktis dapat menurunkan ambruknya rumah dari gempa bumi. Supaya lebih jelas, mari kita simak penjelasan kolom praktis di bawah ini.

Pengertian Kolom Praktis

Kolom praktis merupakan struktur kolom yang biasanya terpasang dalam jarak tiga sampai empat meter pada dinding bangunan. Bahan yang umumnya dipakai adalah beton, supaya kestabilan dindingnya kuat dan tahan lama. Tanpa kolom praktis, risiko keruntuhan atau keseluruhan bangunan akan lebih besar. Rangka struktur dari kolom praktis biasanya berada dalam posisi vertikal untuk menopang beban balok.

Mas bro juga perlu memperhatikan dimensi atau ukuran dari kolom praktis tersebut saat merancang bangunan. Selain itu, mas bro juga perlu memikirkan pondasinya. Hal tersebut supaya struktur kolom praktis tersamarkan saat dinding telah diplester dan dipulas dengan cat.            Selain itu, estetika dari bangunan juga akan terus terjaga. Sayangnya, sebagian masyarakat di Indonesia masih mengabaikan pentingnya kolom praktis.

Peran Kolom Praktis dalam Bangunan

Jika dianalogikan, kolom praktis mirip seperti rangka tulang dalam tubuh manusia. Seperi yang mas bro ketahui, rangka bertugas untuk menopang beban agar tetap berada dalam posisinya. Tanpa rangka, otomatis beban tersebut akan jatuh atau roboh. Dalam bangunan, kolom praktis melanjutkan bobot dari bangunan, beban lain, serta embusan angin. Pada dasarnya, beban akan dimulai dari atap, lalu akan diteruskan pada kolom. Lantas dari kolom, beban akan disalurkan ke tanah.

Kolom praktis biasanya terbikin dari kawat baja berbentuk jaring. Strukturnya dirancang sedemikian rupa agar bisa menopang beban. Banyak ukuran dari kolom praktis yang beredar di pasaran. Untuk urusan harga, mas bro tidak usah cemas karena banyak kolom praktis yang dibanderol dengan harga cukup murah. Rata-rata harga yang dijual untuk struktur kolom praktis berkisar antara Rp 34,000 sampai Rp 50,000.

Daftar Harga Kolom Praktis Terupdate

No Ukuran(Meter) Harga
1 Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x 3m Rp. 40.000/3m
2 Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x4m Rp. 53.000/4m
3 Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 3m Rp. 60.000/3m
4 Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 4m Rp. 80.000/4m
5 Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 3m Rp. 90.000/3m
6 Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 4m Rp. 120.000/4m
Catatan: Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Toko Besi Permata
Written by

Toko Besi Permata

Menyediakan berbagai jenis besi, logam, dan bahan bangunan lainnya dengan kualitas Standar Nasional Indonesia (SNI) harga terjangkau.

Dapatkan penawaran menarik khusus February

Toko Besi Permata, Jakarta