Mengenal Pondasi Cakar Ayam dan Penggunaannya

posted in: artikel | 0

Pondasi cakar ayam merupakan alternatif pilihan metode rekayasa teknik yang digunakan untuk membuat pondasi sebuah bangunan. Pondasi ini termasuk dalam pondasi tipe dangkal yang memiliki karakter antara lain struktur konstruksinya bertujuan untuk meneruskan beban dari bangunan ke lapisan tanah keras yang relatif dekat dari permukaan tanah.

Ada beberapa persyaratan umum agar pondasi cakar ayam menghasilkan konstruksi yang kokoh dan awet, antara lain:

  • Menerapkan struktur tertentu untuk menahan gaya yang mengenainya, meliputi bentuk dan ukuran sesuai dengan jenis bangunan dan pondasi.
  • Menghindari adanya penurunan tanah yang signifikan agar demi menjaga kekuatan konstruksi

Dinamakan pondasi cakar ayam sebab memiliki bentuk yang menyerupai kaki ayam meliputi bagian telapak dan jari-jarinya ketika diangkat. Pada bagian bawah pelat beton, terdapat beberapa pipa beton menyerupai cakar. Fungsi dari cakar ini adalah mencengkeram tanah yang ada di bawahnya dan meneruskan gaya beban.

Pondasi cakar ayam ini menjadi alternatif pilihan masyarakat Indonesia yang hanya memiliki 2 musim (penghujan dan kemarau) dengan tekstur tanah yang sangat beragam. Kondisi tanah yang lembek ataupun keras masih cocok digunakan sebagai lahan permukiman menggunakan pondasi cakar ayam tersebut.

proyek yang menggunakan pondasi cakar ayam seperti pada pengerjaan jalan layang, jembatan besar bahkan landasan pacu pesawat. Namun penggunaan untuk masing-masing proyek ini juga disesuaikan dengan tujuan pembangunannya sendiri.

Comments

comments