Mengenal Konsep Arsitektur Hijau Lebih Dalam

posted in: artikel | 0

Mengenal Konsep Arsitektur Hijau Lebih DalamBerkecimpung di dunia arsitektur membuat seseorang mengenal beragam konsep, salah satunya konsep arsitektur hijau. Membangun sebuah bangunan baik perkantoran, rumah, sekolah, dan sebagainya tentu tidak bisa dilakukan asal. Terdapat sejumlah pertimbangan yang dilakukan untuk menghasilkan bangunan yang tidak hanya indah dipandang. Akan tetapi juga nyaman dihuni sekaligus memberi rasa aman karena tidak mudah rubuh, terendam banjir, dan lain-lain.

Mengenal Arsitektur Hijau

Arsitektur hijau sesuai dengan namanya merupakan sebuah konsep pembangunan sebuah bangunan yang melibatkan atau menghadirkan unsur alam. Nantinya bangunan yang sudah jadi akan menawarkan keindahan alam dan lebih sehat untuk dihuni. Berbagai kota besar tentu sudah menerapkan konsep arsitektur satu ini. Sehingga meski tinggal di kota besar yang sarat polusi masih memiliki ruang untuk menikmati udara sehat dan sejuk.

Dewasa ini masyarakat membutuhkan konsep hunian yang ramah terhadap lingkungan khususnya bagi yang tinggal di perkotaan. Menjadi solusi atas kebutuhan tersebut maka hadirlah konsep arsitektur hijau yang punya beberapa keunggulan berikut ini:

          1. Konsep arsitektur yang hemat biaya karena menekan kebutuhan pemakaian sumberdaya, jenis dan jumlah material, serta perawatan bangunan di masa mendatang.
          2. Rancang bangun konsep ini menekankan banyak bukaan sehingga sebuah bangunan memiliki banyak ventilasi, artinya menekan penggunaan AC dan lampu.
          3. Ciri khas atap mempergunakan konsep roof garden sehingga nantinya di bagian atas bisa diolah menjadi kebun untuk penghijauan.
          4. Penggunaan bahan baku ramah lingkungan namun tetap berkualitas sehingga bangunan dengan konsep ini dijamin tahan lama.

Konsep hijau menghadirkan sebuah bangunan yang ramah terhadap lingkungan dan menciptakan hunian lebih sehat. Melibatkan unsur alam sejak pembangunan pondasi dasar samapi proses finishing bangunan. Tentu menjadikannya semakin bermanfaat bagi keseimbangan lingkungan sekitar. Keunggulan yang dimiliki konsep interior ini sesuai penjelasan di atas menjadi pertimbangan tersendiri untuk menjadikannya sebagai pilihan.

Apabila tertarik tinggal di bangunan dengan arsitektur hijau maka lakukan survei terlebih dahulu. Sehingga mendapatkan yang kualitasnya paling baik dan memang benar-benar menghadirkan keunggulan konsep arsitektur hijau tersebut.