4 Tips Bisnis Impor Online Untuk Usaha Aman dan Sukses

posted in: artikel | 0

Berkembangnya berbagai bisnis online belakangan ini memang baik jamur di musim hujan, tak terkecuali untuk sektor impor barang. Dengan adanya pemanfaatan teknologi internet ini tentu akan mempermudah proses import barang dan juga memangkas ongkos pengeluaran jika dibandingkan dengan cara konvensional. Meski begitu, anda tetap perlu memperhatikan strategi bisnis impor online yang tepat agar eksekusi peluang berjalan dengan baik dan mendapat profit sesuai yang diharapkan. Untuk membantunya, berikut beberapa tips bisnis impor secara online untuk usaha anda agar sukses dan berjalan aman.

Lakukan riset produk dan pasar terlebih dulu

Sebelum anda memutuskan untuk terjun ke bisnis impor ini, tips bisnis impor yang sangat esensial sekali adalah memahami produk apa saja yang memiliki tingkat permintaan dan perputaran yang tinggi sesuai letak demografi anda. Dengan pemilihan produk yang tepat untuk menyasar pasar yang tepat pula, tingkat penjualan produk impor yang anda datangkan tentu akan berada pada kondisi stabil dan cenderung meningkat.

Cari supplier dengan harga paling bersaing

Setelah anda menemukan produk yang dirasa sesuai dengan demografi anda, tips bisnis impor secara online selanjutnya yaitu mencari supplier atau penjual dengan harga bersaing. Untuk melakukannya, anda bisa membandingkan harga dari satu penjual dengan penjual lain dengan memanfaatkan platform ecommerce internasional yang banyak tersedia saat ini. Selain harga yang bersaing, cek juga trustworthy penjual dan feedback para pembelinya agar lebih terpercaya.

Pelajari bagaimana memasarkan produk secara online

Mengingat pasar anda bukan hanya daerah setempat namun juga Indonesia secara kelseluruhan, produk impor yang anda pasarkan terntu haruslah memiliki jangkauan pemasaran yang luas. Untuk itulah penggunaan marketplace lokal Indonesia akan jadi tempat yang tepat untuk anda memasarkan produk-produk anda tersebut.

Selain itu, situs jejaring sosial juga tak bisa anda acuhkan begitu saja, karena memiliki engagement konsumen yang lumayan baik. Dengan pengoptimalan marketplace dan jejaring sosial, tentu tak hanya mempercepat pengenalan namun juga lebih murah dibandingkan dengan mengurus toko fisik atau konvensional.

Urus perizinan usaha bisnis impor anda

Untuk menjamin usaha anda agar lebih aman, mendapatkan legalitas dari otoritas dalam negeri merupakan hal yang penting. Untuk importir, hal ini disebut dengan API atau angka pengenal importir yang cara umum dibagi jadi dua, yakni API-U dan API-P. Untuk anda yang melakukan kegiatan impor guna dijual kembali, anda termasuk ke dalam API-U. Permohonan izin sendiri dapat di urus kepada Kepala Dinas Provinsi stempat.

Dengan menerapkan beberapa tips bisnis impor secara online di atas, diharapkan anda akan mendapatkan profit yang sesuai serta perlindungan usaha anda terjamin oleh otoritas setempat sehingga berjalan dengan lancar untuk jangka panjang.

Comments

comments