Tips Mengemat Biaya Renovasi Rumah Anda

posted in: artikel | 0

Renovasi rumah menjadi hal lumrah yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dalam kegiatan ini biasanya karena pemilik ingin merubah wajah rumah menjadi lebih segar dengan desain yang baru. Hanya saja yang menjadi kendala adalah kadang biaya untuk renovasi membengkak menjadi berkali lipat. Untuk itu, sejak awal memutuskan akan melakukan renovasi untuk rumah Anda pastikan sudah menetapkan budget maksimal terlebih dahulu. Dengan begitu nantinya Anda tidak akan mengalami kendala dengan masalah financial karena proses renovasi yang tak kunjung usai.

Untuk itu, ikuti beberapa tips dibawah ini agar proses renovasi rumah bisa berjalan lancar tanpa hambatan dan bebas masalah sampai wajah baru rumah idaman sudah jadi seperti yang Anda harapkan:

  1. Buatlah skala prioritas bagian mana yang akan di renovasi seperti dapur, ruang tamu, furniture atau kamar anak. Jangan tergoda membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan renovasi tersebut karena jelas saja akan membengkak anggarannya.
  2. Saat melakukan proses renovasi jangan sungkan untuk menggunakan bahan bekas namun yang masih layak untuk dipakai. Barang bekas seperti pintu atau jendela masih bisa dicat ulang kembali sehingga nampak baru dan lebih murah juga biayanya.
  3. Jangan lupa untuk menghitung volume pengerjaan. Renovasi terlihat sepele namun nyatanya ada yang justru menghabiskan uang lebih banyak untuk biaya renovasi. Menghitung volume pekerjaan dan biayanya sangatlah kruisial untuk mengatasi hal ini.
  4. Selain itu buat pula rencana pengeluaran seperti biaya tukang, biaya bahan-bahan, biaya finishing sampai semuanya selesai hingga biaya terkecil seperti snack pekerja bangunan, listrik atau biaya apapun juga tanpa ada yang terlewatkan. Dengan begitu Anda bisa tahu berapa besaran biaya renovasi yang harus Anda keluarkan saat itu.
  5. Jika ingin menggunakan jasa kontraktor renovasi maka Anda harus bisa memilih dengan baik. Jangan sampai salah pilih karena justru akan berakibat fatal. Jika sampai salah pilih maka biaya bisa membengkak berkali lipat karena Anda harus ganti team lagi.
  6. Siapkan biaya tak terduga sehingga jika ada hal-hal yang terjadi diluar rencana Anda tidak perlu panik.

Sebuah rumah memang biasanya perlu direnovasi setelah jangka waktu tertentu sehingga sebagai penghuni Anda tidak akan merasa bosan tinggal disana. Renovasi rumah sendiri membutuhkan waktu berbeda tergantung dengan jenis pekerjaan yang dilakukan. Untuk renovasi total maka membutuhkan waktu yang lama sehingga Anda juga harus mempersiapkan bagaimana cara tinggal dalam proses seperti itu. Untuk bahan material sendiri carilah toko besi yang menjual bahan bangunan dengan harga yang bersahabat. Dengan begitu Anda tidak perlu harus belanja di toko yang baru yang belum tentu harganya ramah di kantong. Lakukan survey terlebih dahulu maka akan lebih baik lagi.

Comments

comments