Tips Mendapatkan Besi Beton Kualitas Baik

posted in: artikel | 0

Besi beton adalah merupakan salah satu jenis bahan yang dibutuhkan untuk membuat suatu bangunan. Terkait fungsi yang vital tersebut, maka besi beton harus mempunyai kualitas yang baik. Hal itu dikarenakan setiap besi beton mempunyai kualitas dan ukuran yang berbeda-beda. Di bawah ini kami akan memberikan tips-tips agar Anda dapat mendapatkan besi beton kualitas baik, di antaranya:

1. Jenis Besi Beton

Pada umumnya, ada dua bentuk jenis dari besi beton yang seringkali digunakan oleh masyarakat Indonesia, di antaranya adalah jenis besi beton ulir serta beton polos. Beton ulir biasanya memiliki sirip, sedangkan pada beton polos memiliki bentuk licin dengan permukaannya yang polos.

Kelemahan besi beton ulir, besi sulit untuk dibengkok-bengkokkan. Hal itu dikarenakan tekstur tegangannya yang cukup tinggi berbeda halnya dengan beton polos yang lebih mudah untuk dibentuk atau dibengkok-bengkokkan.

Dari penjelasan tersebut, Anda bisa menentukan jenis besi mana yang lebih dibutuhkan. Terkait harga, biasanya tergantung dengan kualitas besi betonnya. Dari segi harga, umumnya kualitas suatu barang bisa terlihat kualitasnya. Biasanya yang lebih mahal itu mempunyai kualitas yang lebih baik.

Namun, tidak semua yang harganya lebih murah itu kualitasnya tidak baik. Ada juga yang murah, tapi kualitas besi betonnya baik. Maka dari itu, sebaiknya Anda sebelum membeli, harus menentukan jenis apa yang Anda pilih dan meneliti terlebih dahulu besi beton yang ingin dibeli. Dan sebaiknya juga membandingkan harga dan kualitas dari produsen atau toko satu dengan yang lainnya.

2. Ukuran Besi Beton

Untuk mengetahui kualitas, Anda juga harus mengetahui ukuran besi betonnya. Diketahui, besi beton memiliki beberapa ukuran, di antaranya 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm, 13 mm, 16 mm, 22 mm, dan 25 mm. Besi beton yang baik harus mempunyai ukuran yang sama dengan tulisannya. Misalnya ukuran 8 mm harus memiliki ukuran sebenarnya 8 mm atau paling tidak ada perbedaan minimal 0,2 mm, sehingga ukuran sebenarnya menjadi 7.8 mm. Bisanya panjang besi berukuran 12 meter yang berjenis tekuk maupun lurus.

3. Pemilihan Merk

Tips ketiga agar Anda bisa mengetahui kualitas besi beton adalah melihat merknya. Untuk melihat merk, Anda bisa melihat di permukaan besi beton. Di antara mereka besi beton yang baik di antaranya Cakratunggal Steel, Krakatau Steel, dan Meter Steel. Merk-merk tersebut dianggap baik karena banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk membangun rumah atau bangunan lainnya. Selanjutnya, merk-merk tersebut juga sudah ada label Standar Nasional Indonesia (SNI), sehingga Anda tak perlu khawatir terkait kualitasnya.

Bila Anda ingin membeli besi beton berkualitas baik, maka kunjungi besi beton.net, atau datang saja langsung ke toko besi Permata yang terletak di jalan Raya Bekasi KM 23. Perusahaan ini sudah beroperasi sejak 1989. Toko ini buka dari jam 07.00 sampai 17.00. Bisa juga melakukan pesanan via website atau kontak di 021-4600693.

Comments

comments