Tips Membuat Pondasi Rumah Beton

posted in: artikel | 0

Tips Membuat Pondasi Rumah BetonMembuat sebuah rumah bukan merupakan sebuah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu untuk dipersiapkan sehingga bangunan rumah yang jadi nanti benar-benar bisa sesuai dengan harapan Anda. Salah satu yang harus disiapkan dengan baik adalah masalah pondasi rumah. Kualitas sebuah pondasi sangat berpengaruh dengan kualitas bangunan rumah itu sendiri. Pondasi yang dibuat dengan baik, struktur yang benar maka bisa memberikan kekuatan maksimal disaat rumah sedang terkena bencana alam seperti gempa bumi atau banjir. Semakin dalam sebuah pondasi rumah beton maka kekuatannya akan semakin maksimal. Oleh sebab itu jangan pernah abaikan hal ini. Apalagi jika Anda berencana ingin membangun rumah lebih dari 1 lantai maka harus menggunakan pondasi khusus.

Bagaimana tips membuat pondasi rumah beton yang kuat? Perhitungan yang harus dilakukan untuk pondasi beton rumah tidak hanya untuk jangka pendek saja tetapi juga untuk jangka Panjang. Sebagai pondasi maka akan menjadi dasar bangunan itu sendiri. Dan pondasi ini yang akan mampu menopang rumah agar bisa berdiri tegak dengan kokoh. Salah satu keuntungan dari membuat pondasi rumah yang kuat adalah rumah bertahan lama, dinding tidak akan retak atau pecah, lantai juga tidak akan pecah bahkan turun dan retak, dan resiko rumah mengalami kerobohan pun akan berkurang drastic. Untuk jenis pondasi sendiri ada 2 macam yaitu pondasi dalam dan pondasi dangkal. Pondasi dalam paling sering dibuat untuk jenis rumah mewah dan untuk jenis rumah sederhana yang dibangun diatas tanah padat dank eras paling cocok menggunakan pondasi dangkal.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat ingin membuat pondasi rumah beton:

  • Lihat kembali mengenai denah rumah yang rencana akan Anda bangun selain itu perhatikan ukuran detailnya dengan seksama. Walaupun mungkin tidak ada denah namun pastilah Anda memiliki sketsanya kan? Hal itu bisa menjadi acuan dalam membuat pondasi nantinya.
  • Kemudian buat juga blowpank yang fungsinya sebagai pembatas atau patokan saat Anda akan mengerjakan pondasi tersebut. Blowpank tersebut harus disesuaikan dengan titik kolom setiap pondasi dengan memasang paku dan juga benang.
  • Selanjutnya, buatlah galian pondasi yang kedalamannya minimal 40 cm. semakin besar rumah, semakin mewah dan tinggi maka pondasi harus semakin dalam.
  • Setelah itu pasang batu bata pada blowpank dan dilanjutkan dengan pemasangan besi dan terakhir pasang sloof. Proses pembuatan pondasi rumah tidaklah lama tergantung dengen kecekatan para pekerja bangunan Anda. Jenisnya ada yang pondasi cakar ayam atau yang lainnya.

Nantinya untuk meneruskan pembangunan rumah maka tunggu hingga pondasi rumah beton yang sudah Anda siapkan tersebut kering sehingga kekuatan bisa maksimal. Tidak ada ruginya membuat pondasi rumah yang kuat dan kokoh karena Anda juga yang akan menikmati nanti.

Comments

comments