Tips Atasi Dinding Tembok Retak

posted in: artikel | 0

Setiap hunian baik itu rumah keluarga ataupun bangunan tertentu bisa dipastikan memakai dinding dengan kontur kuat. Bahan-bahan pembangun sebuah dinding memperlihatkan kekuatan serta kekokohoan sehingga dari aspek ketahanannya terbilang baik. Akan tetapi sampai sekarang masih ada dinding tembok retak karena penyebab tertentu sehingga butuh penanganan lebih cepat.

Mengatasi dinding retak memang tak mudah karena kita harus mengetahui dahulu apa saja penyebabnya. Biasanya kualitas plesteran hingga acian tidak dibuat dengan komposisi yang kuat sehingga dari kekuatannya terhadap cuaca tidak tahan lama. Mungkin Anda mengalami hal sama dimana kualitas dinding rumah tidak berkualitas baik bahkan terlihat retak disana sini. Maka dari itu diperlukan upaya untuk mengatasi dinding retak agar dari aspek estetikanya lebih menarik.

Pada Tembok Retak Rambut

Jenis dari retakan dinding berbeda-beda salah satunya pada tipe retakan rambut atau akar pohon yang bisa terjadi karena proses pelaburan acian tidak terlalu sempurna dengan komposisi plesterannya. Maka dari itu kondisi plesteran akan kering hingga mengalami penyusutan. Cara mengatasi dinding retak rambut terbilang mudah yakni memakai base coat atau cat dasar untuk menutupi bagian retakan. Jika kondisi retakan terlihat besar perlu proses pelaburan plesteran baru.

 Pada Retakan Penyusutan

Berikutnya kondisi dinding tembok retak karena penyusutan yang bisa terjadi oleh proses pelaburan acuan terlalu cepat pada bagian plesteran yang belum mengering sempurna. Rata-rata dari proses plester yang belum menyusut disebabkan tebalnya plester dalam satu kali laburan. Tidak hanya itu karena retakan bisa terjadi karena kadar lumpur terbilang tinggi pada komposisi pasir. Maka dari itu diperlukan cara cepat untuk mengatasinya mulai dari melaburi acian ulang, kemudian memakai campuran acian bersama polimer dua persen. Jika nanti acian sudah kering ratakan menggunakan amplas halus lalu tunggu sampai lima hari kemudian cat menggunakan warna kesukaan Anda.

Retakan Pada Saluran Pipa

Tidak sedikit kondisi retakan pada dinding disebabkan oleh retakan saluran pipa. Dari cara mengatasi retakan tembok karena saluran pipa terbilang mudah yakni membuka kembali plester di saluran pipa dalam ukuran 5cm, kemudian bungkus pipa memakai kawat ayam lalu isi celah memakai pasir dan semen dengan perbandingan 1,:5. Biarkan sampai kering setidaknya tiga hari lalu rapikan plester memakai acian.

Retakan Pada Bata

Pada bagian bata sebagai komposisi dasar dinding rumah juga sering mengalami retakan. Biasanya retakan bisa terjadi pada beberapa bagian sehingga butuh cepat diatasi. Mengatasi retakan pada bata terbilang mudah yakni membuat celah kecil di bagian dinding memakai balok kemudian isilah celahan memakai Styrofoam ataupun gypsum. Buka lagi retakan selebar 1cm hingga tembus ke bata lalu tambahkan adunan semen memakai perbandingan 1,5 agar retakan tertutup sempurna. bila sudah kering rapikan memakai acian putih.

Mengatasi dinding/tembok retak memang tak mudah bahkan perlu proses panjang, sehingga bagi penghuni rumah diharapkan terus memantau kualitas plester dan segera tangani bila sudah muncul retakan,

Comments

comments