Rumah 2 Lantai dengan Pondasi Cakar Ayam

posted in: artikel | 0

Pondasi cakar ayam menjadi pilihan bagus saat akan membangun rumah 2 lantai. Jenis pondasi ini menawarkan beberapa kelebihan yang menjamin bangunan rumah dapat dihuni lebih lama dan lebih tahan terhadap faktor alam yang identik dengan tanah di Indonesia.

Namun, pondasi cakar ayam ini juga dibuat menyesuaikan terhadap desain rumah dan beban yang akan diterima. Misalnya, pondasi untuk rumah yang lantai atasnya hanya berupa ruangan bebas akan berbeda dengan pondasi rumah yang lantai atasnya memiliki kolam renang, tandon air, menampung mesin dan lain sebagainya.

Apabila ruangan yang ada di lantai atas hanya difungsikan sebagai ruang standar seperti ruang tidur, ruang keluarga dan semacamnya, maka cakar ayam bisa dibuat dalam ukuran 60×60 cm dengan ketebalan 20 cm. Sementara untuk kebutuhan beban yang lebih berat pada lantai 2, tentu saja pondasi cakar ayam juga harus dibuat dengan ukuran yang lebih besar.

Begitu pula dengan bangunan yang memiliki jumlah lantai lebih banyak, baik itu 3 sampai 4 lantai sekalipun, ukuran pondasi yang digunakan juga harus lebih besar. Untuk menunjang kekuatan pondasi biasanya juga ditambahkan bore pile.

Untuk besi yang dibuat sebagai kerangka plat beton pondasi cakar ayam, pilihan terkecil dimulai dari besi berdiameter 10 mm dan dipasang tiap jarak 20 cm. Atau pilihan lain bisa menggunakan besi berdiameter 12 mm dan dipasang dengan jarak 15cm. Untuk membuat beton, persentase antara pasir, semen dengan koral dapat menggunakan perbandingan 1 takar semen untuk 2 takar pasir dan 3 takar kerikil.

Contoh yang dibuat ini merupakan standar minimal dalam pembuatan pondasi cakar ayam untuk rumah 2 lantai. Untuk kebutuhan bangunan Anda, konsultasi bersama tenaga ahli dapat Anda lakukan untuk dapat membuat pondasi yang kuat namun tetap efisien.

Comments

comments