Punya Lahan Berkontur, Coba Dirikan Rumah Bergaya Split Level

posted in: artikel | 0

Punya Lahan Berkontur, Coba Dirikan Rumah Bergaya Split LevelLahan memang menjadi faktor penting dalam mengonstruksi sebuah bangunan. Kondisi lahan yang rata tentu akan menghasilkan bangunan yang berbeda dengan lahan yang berkontur. Membangun hunian di atas lahan yang rata tentunya tidak akan mendapat kesulitan yang berarti, namun berbeda halnya pada lahan yang tidak rata (berkontur). Khusus lahan satu ini, maka rumah minimalis split level dapat menjadi solusi dalam mendirikan hunian yang nyaman. Lalu bagaimana bentuk hunian split level ini?

Sejatinya split level merupakan gaya bangunan yang dikontruksi secara bertingkat, namun perbedaan tingkat bangunan tidak terlalu kontras. Biasanya juga terdapat komponen bangunan berupa tangga pendek yang menjadi penghubung antar masing-masing tingkatan. Hal inilah yang menjadi ciri khas bagi bangunan dengan gaya split level. Selain menjadi solusi bagi lahan berkontur, rumah dengan konsep split level juga memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Hunian Terlihat Elegan dan Dinamis
Keunggulan pertama dari rumah dengan konsep split level adalah bangunan rumah akan terlihat elegan dan dinamis. Mengapa demikin? Hal ini dikarenakan konstruksi rumah yang memang cenderung jarang digunakan. Selain itu adanya tingkatan lantai yang berbeda akan memudahkan pemilik dalam mengatur dekorasi ruangan yang diinginkan.

2. Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik
Di samping elegan dan dinamis, rumah rumah minimalis split level ini ternyata juga memiliki sirkulasi udara yang baik. Bangunan yang cenderung bersifat terbuka, akan membantu pertukaran udara di dalam ruangan lebih teratur. Sehingga setiap orang yang berada di dalamnya akan merasa betah dan nyaman.

3. Cahaya yang Masuk Akan Lebih Optimal
Sifat bangunan yang terbuka juga memberikan dampak baik bagi penerangan rumah. Pada siang hari, pemilik dapat mengefisien penggunaan lampu dengan bantuan cahaya matahari. Cahaya akan dapat menerangi ruangan secara optimal karena sifat terbuka yang dimiliki oleh ruangan itu sendiri.

Di samping tiga keunggulan di atas, hunian yang dibangun dengan gaya split level ini juga dapat mempermudah pemilik dalam mengatur ruangan yang ada. Hal ini dikarenakan kontruksi rumah dengan model bertingkat namun tidak terlalu kontras perbedaan tingkatannya. Sehingga pemilik dapat terbantu dalam memberikan batasan pada penentuan ruangan.