Pilih Mana, Buat Cakar Ayam Sendiri atau Beli Jadi?

posted in: artikel | 0

Apabila Anda berencana membuat rumah 2 lantai, besar kemungkinan Anda memerlukan tulangan besi untuk pondasi cakar ayam. Pondasi cakar ayam memang banyak digunakan untuk menunjang dasar rumah 2 lantai yang lebih berat dibanding bangunan 1 lantai.

Tulangan besi plat beton pondasi cakar ayam ini tidak dapat dibuat secara asal-asalan karena berhubungan dengan kekuatan struktur pondasi. Meski begitu, membuat tulangan besi untuk plat beton pondasi cakar ayam ini memang dapat dilakukan sendiri dengan ketelitian dan waktu ekstra.

Masalahnya, bagaimana jika Anda tidak memiliki keduanya? Dengan konsekuensi membayar sedikit lebih mahal, Anda juga bisa mendapatkan tulangan besi pondasi cakar ayam berkualitas yang saat ini sudah banyak tersedia. Pilihan ukuran dan besi yang digunakan pun juga beragam.

Lantas, manakah yang bisa Anda pilih? Membuat tulangan sendiri ataukah beli tulangan jadi? Tentu saja sesuaikan dengan kondisi Anda, entah dari segi budget, durasi pengerjaan dan lain sebagainya. Berikut ini pertimbangan biaya yang bisa Anda terapkan sebelum memutuskan, yaitu:

  • Berapa harga terbaik untuk tulangan besi pondasi cakar ayam yang bisa Anda dapat?

Soal berapa harganya, tentu saja dipengaruhi oleh ukuran dan jenis besi. Umumnya besi yang digunakan adalah besi biasa dan besi ulir. Anda bisa mencari informasi harga terbaik dengan cara membandingkan harga di penyedia satu dan lainnya. Pertimbangkan pula ongkos kirim (jika ada).

  • Membuat sendiri, berapa upahnya?

Apabila Anda merasa membeli jadi terlalu memberatkan, maka Anda bisa mencoba menemui tenaga yang bisa membuat rangka plat beton tersebut. Tanyakan berapa biaya yang harus dibayar untuk membuatkan tulangan besi pondasi cakar ayam baik dengan besi biasa maupun dengan besi ulir.

Anda bisa menanyakan harga satuan ataupun langsung ke harga borongan sesuai jumlah titik yang Anda tentukan. Umumnya harga yang dipatok oleh tukang ada di kisaran Rp 60.000 sampai Rp 75.000 per rangkaian. Tentu saja harga ini bisa berbeda dengan tukang yang ada di daerah Anda. Masih ada pula peluang nego yang bergantung pada kemampuan Anda dalam hal tawar menawar.
Bandingkan biaya yang dibutuhkan untuk kedua opsi tersebut. Pertimbangkan pula dengan waktu yang diperlukan hubungannya dengan durasi proyek yang Anda kerjakan pula.

Comments

comments