Perlunya Menggunakan Pondasi Rumah Cakar Ayam

posted in: artikel | 0

Dalam dunia konstruksi bangunan ada banyak hal-hal vital yang memang sangat dibutuhkan untuk menunjang pembangunan agar berjalan maksimal. Kualitas sebuah bangunan ditentukan oleh banyak factor seperti pondasi, bahan bangunan yang digunakan dan siapa yang bekerja dibalik itu semua. Salah satu yang sangat kruisial adalah mengenai masalah pondasi. Terlebih jika Anda berencana membangun rumah lebih dari 1 lantai maka sangat disarankan menggunakan pondasi rumah cakar ayam. Pondasi ini sudah dikenal sejak dulu dan memang terbukti oke untuk menghasilkan bangunan yang kuat dan kokoh sebelum adanya era konstruksi baja ringan seperti saat ini. Kebutuhan pondasi jenis cakar ayam ini juga dipengaruhi oleh yang namanya kondisi dan letak geografis tempat dimana Anda akan membangun rumah tersebut.

Dan karena di Indonesia potensi terjadinya gempa juga cukup sering maka pondasi rumah cakar ayam ini menjadi pilihan yang paling penting. Dan memang ini adalah jenis pondasi yang recommended untuk digunakan di wilayah seperti area persawahan, pegunungan, daerah rawa-rawa bahkan di daerah dataran rendah. Perlu juga untuk Anda ketahui bahwa pondasi cakar ayam tidak sama dengan pondasi tapak. Pada pondasi cakar ayam ada bagian yang nantinya akan menembus langsung bagian tanah ketika plat sudah selesai dibuat. Untuk proses pembuatannya sendiri, pondasi ini dibuat dengan cara menganyam besi beton untuk pembuatan kolom dan juga plat. Untuk bangunan lantai 2 sendiri ukuran plat yang harus dibuat adalah minimal 1 meter x 1 meter atau bahkan bisa lebih besar dari itu. Jika memang Anda merasa kesulitan saat harus membuat cakar ayam sendiri maka tidak perlu khawatir karena saat ini banyak toko bangunan besar yang juga sudah sekaligus menyediakan jasa pembuatan cakar ayam untuk pondasi bangunan Anda.

Setelah akhirnya pondasi tersebut jadi yang harus Anda lakukan berikutnya adalah menggali lubang tanah untuk menempatkan cakar ayam itu. Untuk bangunan 2 lantai maka kedalaman galian tanah minimal 1 meter. Apalagi jika di bagian dekat dengan pondasi tersebut terdapat sungai atau saluran air sejenis maka tentu harus dibuat lebih dalam lagi. Untuk yang dekat dengan sungai atau saluran air maka peletakan pondasi harus berada dibawahnya tujuannya adalah untuk menghindari dari terjadinya kikisan air dan juga tingginya tingkat kelembaban yang otomatis akan merusak pondasi itu sendiri. Untuk di daerah tertentu kedalamanan penanaman pondasi cakar ayam ini bahkan bisa sedalam lebih dari 4 meter. Untuk biaya pembuatan pondasi ini sendiri tergantung besarannya. Biasanya tukang akan meminta bayaran tergantung kesulitan pekerjaan yang akan mereka lakukan. Untuk yang sudah professional dan sudah berpengalaman tentu saja Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan kualitas pondasi rumah cakar ayam yang berkualitas.

Comments

comments