Pentingnya Perencanaan dalam Pembangunan

posted in: artikel | 0

Pentingnya Perencanaan dalam PembangunanPembangunan seharusnya berjalan sesuai dengan rencana karena sebuah daerah akan bertambah maju dengan adanya pembangunan terlebih dalam dunia infrastruktur. Di Indonesia selama puluhan tahun merdeka menjadi negara yang tidak merata pertumbuhannya karena infrastruktur tidak dimaksimalkan. Hal ini secara nyata membuat negara kita tertinggal jauh dengan negara lainnya. Itu menjadi salah satu alasan kenapa yang Namanya perencanaan dalam pembangunan menjadi sebuah halt yang kruisial. Jika pembangunan apalagi yang dalam skala besar dilakukan tanpa persiapan yang matang hanya sekedar penyebaran tender proyek semata maka bisa dilihat dari segi kualitas, pelaksanaan, waktu kerja dan bahkan anggaran tidak akan bisa berjalan maksimal. Sebuah proyek pembangunan jika mengikuti alur dan aturan yang ada maka hasilnya akan baik.

Perencanaan dalam pembangunan sendiri merupakan sebuah hal yang sangat luas karena mencakup banyak kepentingan di dalamnya seperti yaitu agar bisa mencapai tujuan yang sudah direncanakan oleh team pembangunan. Kemudian agar nantinya pembangunan bisa diarahkan ke jalan yang baik dan benar serta memiliki pedoman yang baku. Perencanaan dengan sistematis akan membantu proses controlling agar kemudian jika ada sebuah hal yang perlu di evaluasi bisa dilaksanakan dengan baik dan jelas. Perencanaan pembangunan juga akan membuat segala sesuatu yang menjadi prioritas dilakukan secara tertata. Yang paling penting akan menjadi prioritas yang utama. Ada beberapa ciri dari sebuah perencanaan pembangunan yaitu:

  • Pendapatan perkapita yang terus meningkat
  • Perkembangan ekonomi akan diupayakan terus untuk bisa tercapai
  • Struktur ekonomi bisa dirubah kearah yang lebih baik
  • Pembangunan akan berjalan secara merata
  • Kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar pembanguan tersebut juga akan bertambah banyak

Pentingnya perencanaan dalam pembangunan bukan tanpa alasan. Ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan seperti:

  • Sumber daya organisasi bisa digunakan dengan system pemanfaatan yang baik
  • Stabilitas ekonomi akan bisa tercapai dengan maksimal
  • Penggunaan serta pengalokasian semua sumber pembangunan akan bisa dilakukan dengan lebih efisien dan secara terbatas
  • Semakin berkembang sebuah daerah dan tempat maka lama kelamaan ekonomi akan bisa bertumbuh secara siginifikan.

Untuk memaksimalkan sebuah perencanaan dalam pembangunan memang tidaklah mudah namun juga bukan menjadi sebuah hal yang mustahil. Harus ada team khusus yang memang berpengalaman dalam hal ini seperti memilih kontraktor yang memang berkompetent di bidangnya, membaca Rancangan Anggaran Biaya setiap proyek sehingga biaya dan budget yang ada tidak lantas disalahgunakan serta hal lainnya. Ada banyak sekali tujuan dari sebuah kegiatan pembangunan yang akan dinikmati secara jangka Panjang di masa depan oleh anak cucu kita. Oleh sebab itu jangan pernah melupakan bahwa pembangunan dalam bidang apapun sangatlah penting. Nantinya akan bisa terjadi perluasan produksi yang tentu saja memberikan manfaat langsung bagi semua masyarakat yang ada disana.

Comments

comments