Fungsi Kolom Berdasarkan Jenis dan Bentuknya

Fungsi Kolom Berdasarkan Jenis dan Bentuknya

harga kolom praktisFungsi kolom dalam bangunan sangat penting, karena berkaitan dengan kestabilan dan ketahanannya. Struktur kolom biasanya terbuat dari besi dan beton. Kombinasi keduanya dapat melindungi bangunan dari tarikan dan tekanan. Namun, mas bro harus tahu dahulu jenis dan bentuk kolom yang sering dipakai dalam konstruksi bangunan.

Jenis Kolom Beton

Ada tiga jenis kolom yang digunakan dalam konstruksi bangunan. Kolom ikat umumnya memakai sengkang lateral sebagai pengikat dan batangan memanjang sebagai tulangnya. Fungsinya supaya tulangan tersebut kokoh di tempatnya. Jenis kolom kedua menggunakan spiral sebagai pengikatnya. Spiral tadi berperan sebagai penyerap deformasi jika bangunan akan runtuh. Sehingga kemungkinan roboh bisa ditekan. Sedangkan jenis kolom ketiga adalah komponen dari struktur yang menggunakan gelagar pipa atau baja profil untuk menguatkan kolomnya.

Kolom Berdasarkan Bentuk

Fungsi kolom juga ditentukan dengan bentuk, yaitu:

  1. Kolom Utama. Kolom ini bisa mas bro gunakan untuk menopang bobot utama yang letaknya berada di atas. Jarak antar kolom utama biasanya 3,5 meter supaya ukuran balok yang menyangga lantai tidak terlalu besar. Mas bro juga harus memperhitungkan ukuran berdasarkan jumlah lantai dari rumah tersebut. Misalnya untuk rumah dua lantai, ukuran kolom utama yang digunakan adalah 2020. Total besi beton yang diperlukan adalah 8 buah dengan diameter 12 milimeter. Sedangkan untuk ukuran diameter begelnya sekitar 8 dan jaraknya 10 sentimeter.
  2. Kolom Praktis. Kolom ini digunakan untuk membantu fungsi kolom utama. Selain itu, kolom praktis juga berperan dalam mengikat dinding supaya tetap stabil. Jarak yang harus mas bro perhatikan untuk kolom praktis adalah 3,5 meter. Dimensi atau ukuran yang dibutuhkan adalah 1515. Sementara tulangan beton untuk kolom praktis yang diperlukan harus berdiameter 4 dengan jumlah 10 buah. Untuk begelnya, dibutuhkan diameter 8 dengan jumlah 20 buah.

Daftar Harga Kolom Praktis Terupdate

No Ukuran(Meter) Harga
1 Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x 3m Rp. 40.000/3m
2 Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x4m Rp. 53.000/4m
3 Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 3m Rp. 60.000/3m
4 Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 4m Rp. 80.000/4m
5 Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 3m Rp. 90.000/3m
6 Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 4m Rp. 120.000/4m
Catatan: Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Harga kolom praktis murah berkisar Rp 25,000 sampai Rp 35,000 per meternya dan bisa mas bro temukan di toko bangunan. Semoga informasi fungsi kolom ini bermanfaat.

Toko Besi Permata
Ditulis oleh:

Toko Besi Permata

Kami menyediakan berbagai jenis besi, logam, dan bahan bangunan lainnya dengan kualitas Standar Nasional Indonesia (SNI) harga terjangkau.

Dapatkan penawaran menarik khusus August

Toko Besi Permata, Jakarta

Informasi Terkait

[Besi CNP]

Detail Ukuran Besi Cnp Kanal C

Detail Ukuran Besi Cnp Kanal C
[Besi Beton]

Sejarah, Kandungan dan Manfaat Besi

Sejarah, Kandungan dan Manfaat Besi
[Besi Beton]

Cara Merakit Besi Tulangan Sloof

Cara Merakit Besi Tulangan Sloof
[Besi Beton]

Tips Memasang Besi Tulangan Sloof dan Kolom

Tips Memasang Besi Tulangan Sloof dan Kolom
[Besi Beton]

Mengapa Harus Besi Beton?

Mengapa Harus Besi Beton?
[Besi Beton]

Kualitas dan Harga Besi Beton

Kualitas dan Harga Besi Beton