Mengenal Sketsa Desain Eksterior Bangunan

posted in: artikel | 0

Untuk yang bekerja dalam bidang desain interior dan eksterior bangunan maka penting untuk mengenal dan mengetahui apa itu sketsa. Sketsa desain eksterior bangunan adalah lukisan atau gambar yang masih kasar baik secara garis besar saja sehingga sering juga dikenal sebagai gambar yang masih belum selesai. Kebanyakan sketsa digunakan sebagai reminder untuk seseorang agar selalu ingat akan apa yang sedang dikerjakannya seperti desain sebuah ruangan, gambar sebuah bangunan dan lainnya. Mereka yang sudah berpengalaman dalam hal ini biasanya menggambar sketch di sebidang kertas atau notes. Dalam bidang eksterior desain maka hal ini bisa menjadi acuan sebelum akhirnya mampu untuk mewujudkan gambar nyata dalam bentuk yang sudah jadi dan jelas. Biasanya memang dibutuhkan pulpen atau pensil khusus untuk menggambar sebuah sketsa agar hasilnya bisa baik.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membuat sketsa desain eksterior bangunan yaitu:

  • Media untuk studi akan bentuk desain bangunan dan juga sebagai gambaran akan bangunan atau objek yang nantinya akan Anda buat.
  • Selain itu, sketsa juga berfungsi untuk memberikan ide-ide dan gambaran baru dari ide awal yang sudah Anda miliki sebelumnya. Tidak heran jika designer kadang tidak hanya membuat satu buah sketsa saja.
  • Dengan membuat sketsa maka Anda akan lebih bisa bereksperimen dan menuangkan ekspresi yang Anda miliki sebelum menuangkan langsung dalam bentuk nyata. Sketsa desain eksterior akan focus pada bagian luar bangunan seperti model rumah, bentuk hotel dan lainnya. Ada yang suka dengan model klasik, minimalis atau modern minimalis.
  • Membuat sketsa juga akan membantu Anda untuk menghasilkan sesuatu yang harmoni dan selaras antara bagian interior bangunan dan bagian luarnya. Dengan begitu ketika sebuah bangunan sudah jadi akan menampilkan sesuatu yang istimewa dan bahkan tidak akan pernah disamai oleh bangunan milik orang lain yang pernah Anda temui kecuali untuk kebutuhan proyek yang memang harus sama.

Pembuatan sketsa desain eksterior bangunan yang professional membutuhkan waktu yang tidak sebentar sehingga memang perlu dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman. Jika ingin dibuat sketsa yang lebih lengkap maka seorang designer harus mampu menampilkan ukuran detail dan perbandingan antara objek nyata dan ukuran pada gambar tersebut. Tujuannya adalah agar konsumen atau klien yang membaca sketsa bisa lebih memahami dan tidak perlu menduga-duga akan ukuran perbandingannya. Sketsa sendiri bisa digambar secara manual atau dengan menggunakan program khusus computer sehingga lebih cepat dan mudah hanya saja dibutuhkan skill khusus agar tidak salah. Jika Anda adalah seorang designer yang baru akan menggali pengalaman Anda maka Anda harus mempelajari banyak hal dan jangan lupa terus berlatih hingga akhirnya Anda bisa mendapatkan hasil dan skill yang diharapkan.

Comments

comments