Mengenal Fungsi Spandek Pasir

posted in: artikel | 0

Apabila mencari material terbaik untuk membangun sebuah rumah maka bisa mengenal fungsi spandek pasir yang menarik. Sudahkah Anda mengenal spandek pasir? Spandek pasir ini merupakan atap sebuah bangunan yang diproduksi oleh pabrik. Sehingga material pembuatannya bukanlah tanah liat melainkan sejenis logam. Khusus spandek pasir umumnya dari aluminium dan seng.

Fungsi Atau Kegunaan Spandek Pasir

Spandek pasir bagi beberapa orang memang masih menjadi istilah asing. Namun tidak bagi siapa saja yang sudah selesai atau dalam proses membangun rumah. Apalagi untuk tukang atau jasa bangunan dan profesi apapun terkait bangunan rumah. Spandek pasir ini merupakan opsional atau pilihan atap rumah yang tentu bisa dipertimbangkan oleh siapa saja.

Apabila ditanya mengenai fungsi spandek pasir maka akan menjumpai beberapa point berikut ini:

  • Sebagai atap rumah atau bangunan yang kuat dan mudah dipasang meskipun memiliki harga lebih terjangkau dibanding atap jenis lainnya.
  • Bisa dijadikan sebagai atap teras rumah karena memang praktis sekaligus tampil lebih modern, dan karena sifatnya yang menyerap panas maka cocok dipasang di teras saja.
  • Bisa dijadikan atap canopy bagi pemilik garasi di luar bangunan rumah agar terlindung dari serangan perubahan cuaca yang tidak bisa diprediksi.

Spandek pasir memang menjadi salah satu jenis atap bangunan yang kini banyak dipertimbangkan orang. Bentuknya sendiri seperti lembengan seng dan memang terbuat dari seng yang kemudian dicampur dengan aluminium. Desainnya yang berupa lembengan ternyata semakin praktis untuk dijadikan pilihan. Alasannya adalah:

1. Semakin Mudah untuk Dipasang

Spandek pasir yang memiliki bentuk lempengan atau lembaran tipis namun kaku dan kuat ini tentunya mudah untuk dipasang. Tukang bangunan tidak perlu bersusay payah untuk membawanya naik ke atap. Sebab bisa dibantu satu orang tukang dibawah untuk dinaikan ke atas dengan mudah.

Bentuk lembarannya juga meminimalkan kebutuhan kerangka atap sekaligus cocok dipasang dengan baja ringan. Efisiensi waktu dan tenaga bahkan biaya ketika pemasangan sudah tentu akan didapatkan.

2. Mudah untuk Dibawa

Spandek pasir ini tentunya hanya bisa dibeli di toko bahan bangunan, berkat bentuknya yang lembaran. Maka tidak dapat dipungkiri semakin membuatnya mudah untuk dibawa atau dipindahkan. Nantinya juga lebih rapi sehingga sebelum dipasang pun mudah disimpan tanpa resiko boros tempat atau ruang.

3. Mudah Dirawat

Bentuk lembaran yang menjadi ciri khas spandek pasir memang mirip dengan asbes hanya saja material penyusunnya berbeda. Desain lembaran ini juga membuatnya mudah dirawat misal unuk pengecatan ulang. Sebab spandek pasir ini asalkan dilapisi cat anti panas akan membantu menjaga suhu di bawahnya lebih sejuk.

Fungsi utama dari spandek pasir ini adalah dijadikan atap bangunan, yang kemudian bisa dijadikan atap canopy. Kenali lebih detail fungsi spandek pasir seperti penjelasan di atas untuk bisa mempertimbangkannya sebagai pilihan.