Mengenal Alumunium Foil Peredam Panas Atap Baja Ringan

posted in: artikel | 0

Daftar Harga Alumunium Foil Bajaringan Terupdate

NoUkuran(Tebal)Harga(per Roll)
1Single (1.2m x 50m)Rp. 240.000
2Double (1.2m x 50m)Rp. 330.000
3Bubble (1.2m x 25m)Rp. 400.000
Catatan : Harga Sewaktu-waktu Dapat Berubah Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu

Memiliki fungsi utama sebagai penepis panas dari radiasi sinar matahari, alumunium foil juga digunakan sebagai lembaran pelapis atap bangunan. Saat dipasangkan pada rangka atap baja ringan, lembaran ini juga memiliki fungsi menghindari kebocoran oleh air hujan karena dibuat menggunakan bahan yang elastis serta tahan air. Dengan kemampuannya tersebut, banyak orang yang menggunakan alumunium foil pada atap bangunan rumah, kantor ataupun toko karena dapat melindungi bagian plafond dari berbagai kerusakan akibat kebocoran dan panas.

Saat ini, ada beberapa tipe alumunium foil yang digunakan sebagai pelapis atap. Setiap tipe tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, dimana pemilik bangunan sebaiknya memahami tipe mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetnya. Tipe pertama adalah single side, yaitu aluminium foil yang hanya memiliki lapisan di satu sisi saja, sehingga hanya mengkilap pada bagian atas saja sementara di bagian bawahnya buram.

Tipe lainnya ada double side yang mengkilap di kedua sisinya karena kedua permukaannya memiliki lapisan alumunium yang tentu saja lebih baik dalam menepis radiasi panas. Apabila Anda menerapkan desain ruangan dengan atap yang terlihat dari bawah (atap ekspose), Anda dapat memilih alumunium foil double side, karena selain halnya lebih kuat, pemasangan yang baik pelapis jenis ini akan memberikan kesan terang dan rapi pada ruangan Anda. Ada pula tipe bubble yang memiliki pola gelembung untuk menahan panas sehingga kinerjanya lebih baik lagi.

Berdasar pada jenis bahan, aluminium foil dipasarkan dalam 2 macam yaitu berbahan kertas dan berbahan plastik. Pelapis berbahan plastik memiliki karakter yang tidak mudah robek dan lebih kuat dengan banderol harga yang lebih mahal dibanding pelapis berbahan kertas. Namun tentunya ada harga, ada kualitas.

Pengerjaan atap yang menggunakan alumunium foil umumnya dilakukan sekaligus saat mengerjakan baja ringan. Instalasi aluminium foil hendaknya dilakukan dengan merata agar dapat menepis panas radiasi sinar matahari secara lebih efektif. Selain itu pemasangan yang rapi juga dapat mengelola air seandainya ada kebocoran pada genting atau seng. Emasangan yang baik juga harusnya sesaui dengan sudut kemiringan atap.

Saat pengerjaan rangka atap baja ringan, lapisan aluminium foil dijepit di antara reng dengan kaso baja ringan. Pengerjaannya pun dapat dilakukan sebelum ataupun bersamaan dengan pemasangan reng. Proses pemasangan lembaran aluminium foil dengan menjepit antara reng dengan profil-C. Tahap ini dilakukan dengan melakukan penarikan secara merata mulai sisi bawah ke atas hingga ke ujung wuwungan. Penarikan lapisan alumunium foil inipun harus dilakukan secara hati-hati agar tidak sampai merobek lembaran alumunium foil. Untuk reng yang digunakan sebaiknya pilih yang memiliki lpatan di bagian sisinya, agar lapisan alumunium tersebut tidak robek terkena bagian sisi reng.

Comments

comments