Keunggulan Bahan Bangunan Baja Ringan

posted in: artikel | 0

Keunggulan Bahan Bangunan Baja RinganSebuah konstruksi bangunan baik itu dalam bentuk hunian rumah ataupun jembatan kemungkinan besar menggunakan bahan-bahan dari baja ringan. Selama ini banyak kalangan selalu melihat keunggulan bahan-bahan di pasaran, termasuk dari baja ringan. Maka dari itu ketika Anda ingin mencari bahan bangunan baja ringan sebaiknya cek dahulu seperti apa keunggulannya.

Ketika dari sebuah bangunan memakai bahan-bahan terbaik termasuk baja ringan maka dari kekuatan kontruksinya bisa dikatakan lebih baik. Oleh sebab itu kenapa banyak kontraktor hingga pengembang selalu mencari bahan bangunan dari baja ringan karena memang memiliki beberapa keunggulan. Berikut ini ada beberapa keunggulan dari baja ringan yang selama ini sudah menjadi patokan dalam memilih.

Berat Bahan Lebih Ringan

Sudah jelas terlihat bahwa dari berat baja ringan sendiri lebih kecil bahkan lebih ringan dibandingkan kayu. Beban dari struktur bagian bawah yang memakai bahan baja ringan biasanya menjadi lebih irit konstruksi sehingga dari berbagai macam aspek di dalamnya selalu bisa diandalkan untuk kebutuhan pembangunan bangunan tertentu.

Bersifat Non Combustible

Berikutnya ada keunggulan dari bahan bangunan berupa baja ringan yakni tak memiliki sifat membesarkan api sehingga sangat ramah dan aman untuk sebuah bangunan. Sebuah bahan bangunan yang memiliki sifat tak membesarkan api sangat penting karena selama ini menjadi satu keunggulan yang belum banyak diketahui oleh kontraktor. Jadi bahan baja ringan sangat cocok untuk konstruksi bangunan karena sifatnya tak merambatkan api.

Tahan Rayap

Sangat berbeda dengan bahan bangunan terbuat dari kayu dimana khusus pada baja ringan ini memberikan keuntungan berupa tahan terhadap gangguan rayap. Selama ini bahan bangunan kayu masih menjadi pilihan, akan tetapi karena usianya tak tahan lama sedangkan potensi terseran rayap juga semakin besar maka penggunaan baja ringan adalah pilihan yang tepat.

Pemasangan Lebih Cepat

Pada sektor pemasangan rangka atap terbuat dari baja ringan akan lebih mudah dan cepat bila dipasangkan memakai rangka kayu. Dari sinilah setiap kontraktor mendapat keuntungan yakni efisiensi waktu yang lebih cepat sehingga menghemat biaya pengeluaran. Proses pemasangan rangka baja ringan memang diunggulkan sehingga sampai sekarang bahan bangunan baja ringan masih menjadi pilihan utama.

Tak Memiliki Nilai Susut dan Muai

Nilai susut dan muai dari bahan bangunan baja memang tak terlihat, akan tetapi banyak kalangan masih belum mengetahuinya. Ketika mendapatkan paparan suhu panas ataupun dingin terlihat baja ringan tak memiliki nilai susut ataupun nilai muai sehingga lebih tahan lama dalam menghadapi segala jenis cuaca.

Itulah berbagai macam keunggulan dari bahan bangunan baja ringan yang selama ini mampu menjadi andalan di sebuah struktur bangunan. Jenis kontruksi terbuat dari baja ringan juga lebih banyak variannya sehingga sampai sekarang bisa diandalkan sebagai bahan utama atupun tambahan saja.

Comments

comments