Kesalahan dalam Pembangunan yang Harus Anda Tahu

Untuk Anda yang sudah sering berkecimpung dalam bisnis kontraktor atau bangunan pasti pernah menemukan banyak kendala disana. Ternyata, ada banyak kesalahan dalam pembangunan yang kerap kali terjadi namun sering tidak disadari. Sebaiknya memang semuanya harus disiapkan dengan semaksimal mungkin sehingga bisa meminimalisir dampak buruk dari kesalahan yang terjadi. Tahukah Anda bahwa sedikit saja ada kesalahan maka efeknya akan berlangsung secara jangka Panjang. Sebisa mungkin hal-hal tersebut dihindari sehingga proses pembangunan bisa berjalan lancar dan kualitas bangunan yang dibuat pun bisa sesuai harapan. Tidak hanya semangat dan tenaga serta biaya yang dibutuhkan dalam setiap proses proyek atau pembangunan namun juga ketelitian dan kecermatan terutama saat sedang merancang RAB.

Dalam merencanakan sebuah pembangunan maka diperlukan yang Namanya sebuah persiapan yang memiliki tujuan untuk sebuah protective benefit dan juga positive benefit. Protective benefit disini maksudnya adalah agar apa yang dihasilkan dari pengurangan nantinya untuk mengantisipasi adanya kesalahan saat Anda membuat sebuah keputusan. Kemudian untuk yang positive benefit hadir dalam bentuk peningkatan untuk mencapai kesuksesan dalam sebuah tim organisasi. Dalam setiap proses pembangunan baik dalam skala besar atau kecuil ada beberapa kesalahan yang sangat sering terjadi walaupun terkadang mungkin antisipasi sudah cukup baik. Berikut beberapa kesalahan dalam pembangunan tersebut:

  • Pemerintah kurang memaksimalkan control yang seharusnya ada untuk pembangunan dengan skala yang lebih kecil dan sayangnya hal ini menjadi seakan hal yang biasa yang terjadi di Indonesia. Contoh nyata dari hal tersebut seperti banjir yang terjadi karena adanya proyek yang berada di daerah aliran sungai. Walaupun banjir terjadi karena kebiasaan penduduk membuang sampah sembarangan namun dampak yang kemudian muncul karena adanya proyek tersebut bisa jauh lebih besar.
  • Kemudian adalah adanya kesempatan yang kemudian dimanfaatkan oleh pihak pengelola proyek untuk mendapatkan keuntungan lebih dari pembangunan tersebut seperti mark up anggaran, pembengkakan biaya belanja bahan bangunan, biaya pembayaran upah pekerja yang naik berkali lipat ternyata fake. Kesalahan ini sangatlah fatal namun sayangnya sangat sering terjadi di Indonesia karena mental masyarakat yang masih belum berubah. Ingat, korupsi itu bukanlah sebuah budaya melainkan kejahatan luar biasa yang seharusnya tidak diteruskan.
  • Berikutnya adalah pengerjaan proyek yang tidak sesuai deadline karena banyak alasan seperti ijin yang tidak lengkap, alat-alat yang tidak lengkap tersedia, attitude pegawai yang buruk sehingga tanpa disadari membuat biaya lainnya juga membengkak pesat.

Jika dibiarkan begitu saja maka kesalahan tersebut akan menjadi akar yang kemudian terus tumbuh dan berkembang dan hal ini tentu saja menjadikan semuanya lebih buruk. Sebuah proyek bangunan sudah disiapkan dengan budget yang sesuai sehingga seharusnya dalam pelaksanaannya juga bisa mengikuti apa yang sudah direncanakan sebelumnya.

Comments

comments