Kegunaan RAB bagi Kontraktor

Saat sedang mempersiapkan atau merencanakan akan membangun sebuah bangunan maka membuat RAB menjadi sebuah hal yang sangat penting. Mungkin masih ada sebagian orang yang belum tahu apa itu kegunaan RAB yang memang terkadang dilewatkan begitu saja. Padahal bangunan yang dibuat tanpa menggunakan RAB biasanya anggarannya akan mengalami pembengkakan. Dan hal tersebut bukanlah sebuah sesuatu yang positif. RAB atau Rancangan Anggaran Biaya acuan atau rencana mengenai pembiayaan sebuah proyek atau bangunan sejak dimulainya proses hingga selesai nanti. Di dalamnya akan mencangkup semua biaya seperti biaya material, biaya bahan-bahan bangunan yang dibutuhkan, upah pegawai, biaya sewaq alat-alat jika ada, serta biaya lainnya yang akan dibutuhkan.

Jika dilihat secara garis besar maka ada 2 komponen penting dalam RAB yaitu harga satuan pekerjaan serta volume pekerjaan. Untuk volume pekerjaan sendiri bisa didapatkan dari perhitungan gambar rencana pembangunan yang sudah tersedia dan juga bisa berdasarkan kebutuhan pembangunan saat berada di proyek. Untuk harga satuan pekerjaan sendiri bisa di dapatkan dari beberapa point seperti upah tenaga kerja, bahan pembangunan, biaya alat dan juga biaya lainnya. Untuk kegunaan RAB sendiri sebenarnya bermanfaat bagi banyak bagian baik kontraktor, owner dan juga konsultan bahkan pemilik pekerjaan itu sendiri. Bisa dikatakan RAB ini sangat kruisial dan memang seharusnya dibuat selalu secara matang dan professional. Bagi kontraktor, kegunaan sebuah Rancangan Anggaran Biaya itu adalah sebagai:

  • Saat memasuki tahapan lelang maka adanya RAB akan menjadi estimasi dalam menentukan harga penawaran sebuah proyek bangunan.
  • RAB juga bermanfaat sebagai acuan dalam sebuah manajemen proyek terlebih untuk mengendalikan keuangan proyek itu sendiri agar tidak melampau batas yang sudah ditentukan.
  • RAB juga bermanfaat untuk menjadi penentu dan kelayakan sebuah pekerjaan bangunan.

Selain itu bagi seorang kontraktor, RAB juga sangat penting karena akan menjadi penilaian dan daya jual untuk mereka yang ingin menggunakan jasa kontraktor Anda. Untuk fungsi Rancangan Anggaran Bangun sendiri secara khusus disesuaikan dengan penggunaannya sehingga antara satu bangunan satu dan yang lainnya sangat dimungkinkan memiliki jumlah anggaran yang berbeda pula. Dalam hal ini proyek bangunan yang baik adalah yang mengeluarkan biaya sesuai dengan yang sudah masuk dalam perencanan. Karena pada dasarnya setiap kebutuhan proyek sudah bisa dihitung dan diukur. Jika sebuah bangunan menghabiskan anggaran lebih besar dari yang sudah dianggarkan maka biasanya hal itu termasuk sebuah kegagalan dan bisa menimbulkan banyak kecurigaan lainnya seperti kasus korupsi, pembengkakan anggaran, penggelapan dan lainnya. Kegunaan RAB yang juga berhubungan dalam hal ini adalah sebagai sebuah tolak ukur apakah proyek pembangunan itu berjalan sukses atau justru sebaliknya malah gagal. Biasanya akan ada team khusus yang harus mempersiapkan RAB sehingga bisa jadi sempurna.

Comments

comments