Gaya Desain Interior di Indonesia yang Paling Populer

posted in: artikel | 0

Saat ingin mendesain interior sebuah rumah, mencari lebih banyak referensi melalui berbagai media pastinya sangat dibutuhkan. Proses mencari referensi desain interior rumah memang bukan hal yang sulit untuk dilakukan karena kini banyak tersedia di internet. Kebanyakan orang memilih untuk mengikuti apa yang sedang trend ataupun sesuatu yang memang banyak diminati meski kadang tak sesuai dengan gaya dan karakter si pemilik rumah. Buat Anda yang sedang bingung mencari ide desain interior untuk rumah, berikut ini ada beberapa desain interior di Indonesia yang terbilang paling populer dalam beberapa waktu belakangan.

1. Gaya minimalis

Sekitar satu dekade terakhir, gaya desain interior yang satu ini menjadi salah satu gaya desain yang paling banyak peminatnya. Di berbagai media bisa dengan mudah ditemukan contoh modal, panduan dalam membuat desainnya, hingga tips-tips yang bisa menciptakan desain interior dengan gaya minimalis. Tentunya, dalam penerapan gaya minimalis tersebut pun beragam. Ada yang mengaplikasikan konsep secara menyeluruh mulai dari arsitektur bangunan, eksterior, hingga interior. Namun, tak sedikit pula yang melakukan modifikasi sesuai dengan gaya dan selera masing-masing. Desain interior bergaya minimalis sendiri terlahir dari aliran desain modern yang menghadirkan sentuhan ruang tampak lebih lapang, kekinian, dan bersih. Pilihan warna yang pas untuk gaya desainini adalah warna netral dan cerah seperti abu-abu, putih, ataupun krem.

2. Gaya industrialis

Selain gaya minimalis, gaya industrialis menjadi salah satu gaya desain interior yang tak kalah populer. Gaya desain ini juga cukup banyak dijumpai di berbagai rumah, café, restoran, ataupun lainnya. Gaya desain industrialis lebih cenderung memberikan kesan yang nyaman dan hangat. Ide gaya ini terinspirasi dari kondisi industri pada puluhan tahun lalu. Salah satu inti dari gaya industrialis adalah unfinished yang mana bangunan terlihat setengah jadi namun tetap terlihat menarik dan pada dasarnya bangunan tersebut sebenarnya sudah jadi. Pilihan warna yang cocok diaplikasikan untuk gaya desain yang satu ini adalah warna natural dan netral.

3. Gaya vintage

Desain interior bergaya vintage akan membuat sebuah ruangan terkesan jadul namun tetap nyaman dan terlihat unik. Gaya vintage sendiri merupakan perpaduan dari beberapa tema yaitu chic, klasik, shabby, dan beberapa tema lainnya. Untuk gaya desain yang satu ini tidak terdapat aturan yang kaku. Namun demikian, untuk bisa mendapatkan hasil desain yang sesuai dengan konsep dasar dari gaya yang satu ini, tak ada salahnya Anda melakukan sejumlah riset yang mampu mengesankan gaya pada tahun 70 ataupun 60an.

4. Gaya victorian

Gaya desain yang satu ini juga cukup populer di sejumlah bangunan yang ada di negara ini. Gaya ini mampu memberikan kesan megah dan mewah. Munculnya aya ini terinspirasi dari revolusi industri di Inggris sehingga masih memberikan kesan masa lalu tapi kemasannya jauh lebih modern. Tak seperti vintage yang lebih fleksibel dalam pengaplikasiannya, untuk menerapkan gaya desain yang satu ini Anda cukup penting memperhatikan pattern pada dinding. Selain itu, pemilihan warnanya pun hendaknya mampu memberikan kesan lembut tapi cukup berkarakter seperti maroon, emas, coklat, abu-abu, ataupun warna lainnya. Untuk furnitur yang digunakan biasanya terdapat banyak aksen seperti adanya ukiran, renda, ataupun motif-motif.

Comments

comments