Daftar Harga Material Bahan Bangunan

posted in: Harga | 0

Berapa harga bahan bangunan terbaru?

Bagi anda yang sedang sibuk mengurus pembangunan rumah, hal ni merupakan suatu hal yang teramat penting.Harga material menentukan seberapa bagus kualitas bangunan yang anda buat. Kadangkala, karena harga bahan material bangunan yang semakin melonjak, banyak orang lebih memilih menurunkan kualitas bahan. Padahal, hal itu sangat beresiko. Bagai pekerja atau bahkan bagi calon penghuni rumah tersebut.

Harga bahan bangunan sangat beragam. Oleh karena itu anda harus secara seksama, mau tidak mau, mengupdate setiap bulan. Atau bahkan, anda bisa mengupdate harga bangunan setiap detik. Ini dilakukan agar data yang anda peroleh semakin akurat. Agar tidak semakin penasaran, berikut daftar harga bahan atau material untuk membangun sebuah rumah tinggal atau bangunan lainya:

Dan ini.

Daftar tabel harga tenaga bahan atau material diatas dapat berubah sewaktu-waktu. Perhatikan hal itu. Harga di atas menyesuaikan waktu dan daerah di mana rumah dibangun. Contohnya, harga bangunan pada tahun 2012 berbeda dengan harga bangunan tahun 2013. Dari segi tempat pun demikian, harga bangunan di kota jakarta berbeda dengan harga bahan bangunan di kota Demak.

Nah, apabila anda masih bingung mengenai harga material bahan bangunan, anda bisa melakukan survey ke toko bangunan. Kemudian menanyakan atau jika ada meminta brosur daftar harga material bangunan terbaru. Selain itu, anda pun bisa melihat daftar harga satuan pekerjaan standar pemerintah daerah di mana lokasi rumah dibangun. Dengan adanya data harga bahan bangunan dan upah pekerja bangunan ini, maka anda akan lebih mudah merencanakan dan menghitung anggaran biaya bangunan.

Mengenai daftar harga material, berikut penjelasan secara lebih detail agar anda tidak tersesat saat memahami data harga bahan bangunan di daerah sekitar anda:

Harga bahan bangunan terbaru merupakan data untuk menghitung dan menganalisa harga satuan bangunan dalam RAB ( Rencana anggaran biaya bangunan ). Untuk mendapatkan harga tersebut, anda bisa mendapatkannya melalu survey ke toko bangunan maupun melihat daftar harga satuan standar pemerintah daerah. Terkait dengan harga satuan standar pemerintah daerah, tentukan terlebih dahulu di mana lokasi bangunan tersebut akan dibangun. Karena lokasi mempengaruhi tinggi rendahnya harga.

Beberapa material dalam membangun rumah mempunyai harga yang terus berubah serta berbeda antara lokasi yang satu dengan lokasi yang lain. Untuk itu, anda perlu memahami hal ini:

Pertama. Harga pasir per-m3 atau per-1 truk

Pembelian pasir dihitung dalam satuan m3 atau per truk. Namun, berhubung truk tidak boleh beroprasi di dalam kmpleks perumahan, maka harga ditentukan berdasarkan satuan mobil kolt. Ukuran 1 truk = 4 m3, namun bisa kurang atau lebih tergantung model truk dan ukuran bak muatannya. Seiring populernya beton sebagai struktur bangunan membuat kebutuhan pasir meningkat.

Kedua. Harga batu kali per-m3 atau pertruk

Sama seperti harga pasir, batu kali banyak digunakan sebagai bahan bangunan. Batu kali sering digunakan dalam pembuatan pondasi. Perhitungan batu kali menggunakan satuan m3 baik dalam membeli batu kali maupun menghitung analisa harga satuan pasangan batu kali.

Ketiga. Harga kayu per-m3 atau perbatang

Tanyakan terlebih dahulu berapa harga kayu per m3 atau perbatang sebelum memutuskan membeli kayu. Hal ini diamksudkan agar harga yang anda dapatkan tidak tidak terlalu mahal. Berdasarkan pengalaman, hindari menggunakan kayu sebagai bahan bangunan. Hal ini sebagai bentuk dukungan dalam misi menyelamatkan planet bumi dari ancaman pemanasan global. Penebangan pohon yang tidak seimbang dengan jumlah penanamannya, membuat lingkungan global menjadi tidak tentu. Solusinya, anda bisa menggunakan baja ringan, alumunimum atau profil dari bahan lainya yang dipabrikasi untuk menggantikan kayu. Dari segi biaya, pilihan ini lebih murah dibanding harga kayu per m3.

Keempat. Harga besi baja per-kg atau per-m

Pembelian besi diukur dalam satuan kg atau per batang. Cara menghitungnya dengan menghitung terlebih dahulu dalam satuan panjang total besi, lalu dikalikan dengan standar berat besi per-m panjang. Anda bisa melihat panjang besi ini pada tabel berat besi atau menggunakan rumus perhitungan harga besi per-m.

Comments

comments