Cara Tepat Memilih Atap Spandek Pasir Warna

posted in: artikel, tips n trik | 0

Memilih atap yang tepat merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Terlebih jika tinggal di Indonesia yang notabene memiliki cuaca yang selalu berubah. Paling tidak atap yang dipilih mampu beradaptasi dengan lingkungan Indonesia yang curah hujannya cukup tinggi. Salah satu produk atap yang dapat digunakan adalah spandek pasir warna.

Spandek pasir merupakan produk atap yang bahannya terbuat dari alumunium. Atap ini memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap korosi. Selain itu pada permukaannya terdapat lapisan pasir khusus yang akan membantu meredam suara ribut yang timbulkan air hujan. Spandek pasir ditawarkan dalam berbagai varian warna, mulai dari warna merah, hitam, abu-abu dan biru. Lantas bagaimana cara memilih atap spandek yang tepat? Berikut beberapa tips yang dapat diperhatikan.

1. Pertama Sesuaikan Warna Atap dengan Konsep Rumah yang Dibangun

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan warna atap dengan konsep rumah yang dibangun. Dewasa ini konsep bangunan rumah telah berkembang cukup pesat, mulai dari konsep minimalis hingga rumah bak istana. Oleh sebab itu penting bagi konsumen untuk menggunakan atap dengan warna yang sesuai konsep rumah yang dimiliki.

2. Tentukan Ukuran Panjang Atap yang Dibutuhkan

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan panjang atap yang dibutuhkan dalam konstruksi rumah. Produk spandek pasir warna sendiri memiliki ukuran yang beragam, ada yang panjang 3 m, 4 m, hingga 6 m. Agar atap nantinya benar-benar sesuai, sebaiknya tentukan terlebih dahulu ukurannya. Bila perlu diskusikan bersama tukang yang mengerjakan rumah tersebut.

3. Pilih Atap yang Memiliki Ketabalan yang Sesuai dengan Konsep Rumah

Ketiga pilihlah atap yang memiliki ketebalan sesuai dengan konsep rumah. Di pasaran produk ini memiliki ketabalan yang cukup beragam. Ada spandek dengan ketebalan 0,30 mm, 0,40 mm, 0,45 mm, dan 0,50 mm (yang paling tebal). Masing-masing produk ini memiliki harga yang berbeda.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk memilih atap spandek pasir warna yang tepat. Selain unggul dari sisi daya tahan terhadap korosi dan mampu meredam suara hujan, atap ini juga memiliki kelebihan dari sisi bobotnya. Atap spandek yang terbuat dari alumunium ini diketahui memiliki bobot yang relatif ringan dibandingkan produk atap lainnya. Tentunya bobot yang ringan ini akan mempermudah proses pemasangan atap pada rangka.

Selain itu, atap spandek ini juga termasuk produk yang bersifat ramah lingkungan. Hal ini berarti penggunakan atap ini tidak akan menimbulkan dampak negatif yang dapat mengancam kelestarian lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, produk spandek pasir warna ini sangat cocok untuk digunakan di kawasan Indonesia. Kelebihan yang dimilikinya akan mampu membuat produk atap ini beradaptasi dengan iklim di Indonesia.