Cara Menghitung RAB Secara Tepat dan Cepat

posted in: artikel | 0

Proses pembangunan sebuah rumah membutuhkan rincian biaya hingga bahan bangunan secara tepat. Rencana Anggaran Biaya dalam upaya membangun sebuah hunian ternyata sangat diperlukan untuk melihat secara rinci harga-harga dari bahan bangunan sampai upah pekerja. Oleh sebab itu dalam cara menghitung RAB sendiri harus dilihat secara detail agar nanti tak terjadi masalah.

Biasanya kesalahan dalam RAB bisa terjadi karena faktor tertentu mulai dari kurangnya ketelitian hingga kurangnya proses perhitungan secara mendetail. Jadi dalam menghitung RAB diperlukan beberapa tips jitu agar nanti peluang benar sampai proses pembangunan rumah bisa lebih lancar dan baik. Langsung saja kita ulas secara detail seperti apa cara-cara menghitung RAB secara tepat dan benar.

Persiapkan Gambar Kerja

Pada tahapan pertama dalam menghitung Rencana Anggaran Biaya dalam pembangunan rumah adalah mempersiapkan gambar kerja. Biasanya sebuah gambar kerja dibuat oleh seorang arsitek sehingga mampu memudahkan dalam proses perizinan hingga membuat surat perjanjian. Gambar kerja masih bisa berguna untuk memberi kejelasan mengenai bahan material bangunan yang akan dipakai serta spesifikasi pekerjaan dari seorang pekerja.

Hitung Volume Pekerjaan

Dalam proses perhitungan RAB juga membahas soal volume pekerjaan dimana cara-cara perhitungan pondasi RAB hingga sampai berbentuk jalan aspal dalam proses pembangunan infrastruktur harus dihitung secara detail. Tidak berbeda jauh dalam menghitung RAB pada bangunan tertentu yang mana menghitung banyaknya volume pekerjaan dihitung dalam angka satuan seperti m2, m3 hingga per unitnya.

Hitung Harga Satuan Pekerjaan

Masih ada cara menghitung RAB secara tepat yakni menentukan harga satuan pekerjaan. Harga satuan pekerjaan tidak termasuk harga upah hingga material akan tetapi bagaimana harga satuan dari pekerjaan di tahun tertentu memperlihatkan beberapa besaran harga. Cobalah lihat dalam proses perhitungan satuan pekerjaan bila terjadi peningkatan harus disusun secara detail.

Hitunglah Jumlah Biaya Pekerjaan

Dalam penyusunan harga satuan biaya pekerjaan juga membutuhkan rincian mengenai harga satuan pekerjaan. Proses mengalihkan volume ke harga satuan kerja akan memperlihatkan jumlah biaya di setiap masing-masing pekerjaan. Maka dari itu proses perencanaan RAB harus meliputi biaya pekerjaan.

Rekapitulasi

Terakhir adalah melakukan rekapitulasi dimana jadi proses penjumlahan total dari semua sub pekerjaan baik persiapan, pondasi, sampai pemasangan beton dan lainnya. Rata-rata sub pekerjaan masih diuraikan lebih detail hingga semua biaya pekerjaan ditotal. Dalam RAB juga perlu adanya biaya tambahan disertai pajak sehingga dari rekapitulasinya lebih lengkap.

Cara menghitung RAB memang sangat rumit dan detail akan tetapi dari hasil akhirnya bisa terlihat proses pembangunan akan berjalan lancar atau tidak. RAB masih dipakai acuan melihat kualitas sebuah konstruksi, maka dari itu tak heran bila proses perancangan RAB memakan waktu cukup lama.

Comments

comments