Berkembangnya Trend Arsitektur Futuristik

posted in: artikel | 0

Berkembangnya Trend Arsitektur FuturistikAkhir tahun 2018 tinggal menghitung hari. Tak ayal beragam ide baru untuk mengisi tren di tahun 2019 semakin gencar bermunculan, termasuk dalam bidang arsitektur. Bagaimana tidak? Meskipun bukan hal wajib, sangat wajar jika setiap orang menginginkan hal yang baru atau perubahan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, tren arsitektur futuristik juga tidak bisa dihindari.

Mengenal Arsitektur Futuristik

Tren arsitektur ini ternyata sudah lahir sejak awal abad ke-20 di Italian yang menjadi bagian dari sebuah gerakan seni, Futurism, di tahun 1909, ditemukan oleh seorang penyair bernama Filippo Tommaso Marinetti. Tak hanya menginspirasi para seniman lain seoerti Giacomo bela dan Umberto Boccioni, gerakan ini ternyata juga menarik sejumlah arsitek.

Futuristik memiliki arti mengarah atau menuju ke masa depan. Maka dari itu, bangunan yang menggunakan gaya tersebut sangat mengedepankan kecepatan diamana sangat penting dalam kehidupan masyarakat modern. Tidak lupa pula penggunaan teknologi yang akhirnya benar-benar menghapus karakter arsitek masa lalu.

Ciri Khas Arsitektur Futuristik

Bagian khas dari arsitektur futuristik yang bisa dilihat dengan kasat mata adalah pemanfaatan produk yang menjadi bukti kemajuan teknologi. Sebuah bangunan tidak lagi menggunakan unsur-unsur alam, ada tetapi porsinya tidak dominan. Material utama yang digunakan adalah bahan-bahan baru di antaranya, baja, kaca dan aluminium.

Less is more. Tidak seperti tren di masa lalu, aristektur tren futuristic lebih mengedepankan kesederhanaan dimana justru menjadi nilai tambah pada konsep tersebut. Tidak heran jika desain yang sering muncul berupa ruang yang polos, simple dan juga pemakaian kaca lebar. Meskipun begitu, tidak ada aturan baku yang mengekang gaya arsitektur futuristic. Apapun asal sesuai dengan gaya modern, maka bentuk aneh, anti-mainstream dan konstroversial bukanlah kemustahilan.

Contoh Bangunan dengan Tren Aristektur Futurustik

Ada begitu banyak bangunan bergaya arsitektur futurustik di dunia. Anda bisa menemukannya terutama di negara-negara maju seperti Singapura, Dubai, dan China. Contohnya:

  • Burj Khalifa
  • Gardens by the Bay
  • Khan Shatyr
  • Bandara Internasional Beijing
  • Infinity Tower

Tidak hanya bangunan-bangunan pencakar langit dan skala besar, tren arsitektur futuristik juga telah banyak diterapkan pada desain hunian. Meskipun tampilannya semakin berani dengan bentuk-bentuk yang tidak lazim digunakan di masa lalu, gaya futuristik ternyata tidak menghilangkan kesan homey pada sebuah rumah. Jadi, Anda tetap akan merasa nyaman tinggal di dalamnya.