3 Spandek Pasir VS Asbes yang Wajib Diketahui

posted in: artikel | 0

Mencari informasi mengenai spandek pasir vs asbes tentu penting untuk mengenal kedua jenis atap ini dengan detail. Kebanyakan orang zaman sekarang mempergunakan atap rumah dari jenis spandek pasir maupun asbes. Keduanya merupakan atap rumah yang dibuat oleh pabrik menggunakan bahan khusus, asbes terbuat dari serat karbon. Sedangkan spandek pasir dari aluminium bercampur seng.

Perbandingan Antara Spandek Pasir dengan Asbes

Keduanya memang sama-sama buatan pabrik yang tentu memiliki daya tahan baik dan mudah untuk dipasang. Keduanya memiliki berat yang ringan sehingga saat dipasang tidak membutuhkan banyak penyangga. Menariknya keduanya juga memiliki harga yang murah sehingga menjadi pilihan ekonomis namun sudah mampu memiliki atap rumah modern dan berkualitas.

Melihat persamaan antara spandek pasir vs asbes tersebut tentu membuat Anda atau siapa saja sedikit bingung. Sebab keduanya memiliki material penyusun yang berbeda otomatis karakternya pun akan berbeda. Membandingkan keduanya penting untuk bisa menyaring pilihan terbaik, namun tetap bisa disesuaikan kebutuhan masing-masing.

Berikut merupakan beberapa perbandingan antara kedua jenis atap rumah tersebut yang bisa disimak sebelum menentukan pilihan:

1. Karakter Menyerap Panas

Perbandingan pertama bisa dilihat dari kemampuan kedua jenis atap rumah ini dalam menyerap panas. Atap rumah memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari cuaca. Hanya saja untuk atap rumah buatan pabrik ini memiliki karakter mudah menyerap panas. Artinya ketika suhu terik maka kondisi udara di dalam rumah akan ikut panas.

Namun kondisi ini tetap bisa diakali, sebab panas yang terserap baik oleh spandek pasir maupun asbes bisa diminimalisir dengan dicat. Gunakan cat anti panas yang saat ini sudah tersedia banyak di pasaran. Penggunaan cat khusus ini akan membantu mengatasi sifat keduanya yang menyerap panas.

2. Daya Tahan

Apabila diperhatikan dari daya tahannya, maka keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Asbes merupakan atap rumah yang terbuat dari serpihan karbon yang dalam jangka 4-5 tahun akan mulai rontok. Banyak orang dengan mempertimbangkan aspek kesehatan tidak menjadikannya sebagai pilihan. Namun dianjurkan untuk diganti jika sudah 4 tahun dipasang.

Sedangkan pada spandek pasir memang lebih unggul karena terbuat dari aluminium dan seng. Sehingga daya tahannya lebih baik, apalagi dikenal dengan karakternya yang anti keropos, anti bocor, dan anti pecah.

3. Perawatan

Perbandingan atau spandek pasir vs asbes lainnya yang perlu diperhatikan adalah soal perawatan. Keduanya akan maksimal memberi kesejukan meski cuaca terik asal dilapisi cat anti panas. Namun spandek pasir membutuhkan perawatan lebih minimal karena bisa dipakai jangka panjang. Tanpa resiko keropos seperti pada asbes jika sudah menginjak usia 4 tahun.

Membaca penjelasan di atas sudahkah Anda menentukan pilihan? Keduanya memang menjadi pilihan menarik untuk membangun hunian modern sekaligus efisien. Namun agar tidak kecewa kenali spandek pasir vs asbes lebih detail.