Ukuran Standar Panjang Sambungan Besi 40D

Bagi orang awam, hal ini bukanlah suatu yang sangat penting. Padahal, bagi pekerja bangunan manapun menentukan ukuran standar panjang sambungan besi 40D begitu penting. Bahkan, bisa dibilang sangat penting. Struktur besi beton bertulang memerlukan kombinasi yang baik antara beton dan besi tulangan. Hal ini bertujuan agar fungsi berjalan dengan baik.

Seperti yang sudah anda ketahui, beton bertugas menahan gaya tekan, sedangkan besi bertugas menahan gaya tarik. Terkadang, kekuatan tarik pada besi, khususnya area sambungan, rawan mengalami pelemahan. Apabila sambunga yang ada terlalu terlalu pendek. Biasanya, standar panjang sambungan besi menurut standar nasional indonesia yaitu 40D (40x diamater). Berdasarkan hal ini, maka panjang masing-masing diamater besi menjadi seperti ini:

Agar anda lebih paham, berikut saya berikan contoh cara menghitung panjang sambungan besi:

Pertama. Besi diamater 6 mm, memiliki sambungan 40 x 6mm = 0,24 mm = 1 m.

Kedua. Besi diamater 25 mm, memiliki sambungan 40 x 25mm = 1000 mm = 1 m.

Ketiga. Besi diamater 36 mm, memiliki sambungan 40 x 36mm = 1440 mm = 1,44 m.

Perle pengawasan yang cukup ketat dalam pelaksanaan proyek konstruksi bangunan. Hal ini bukanlah hal yaang mengejutkan. apabila hal ini tidak dilakukan, bisa-bisa bangunan yang dibangun malah bisa membahayakan para pekerja. Bahkan, bisa berbahaya pula bagi orang-orang yang beraktifitas di dalamnya.

Setiap sambungan besi harus terpasang dengan benar. Panjang besi harus sesuai persyaratan. Sering saya menemukan adanya kesalahan-kesalahan karena kelalaian atau adanya faktor kesengajaan. Hal ini tidak bisa terlepas dari niatan para pekerja atau pihak yang bertanggung jawab dalam pembangunan bangunan karena ingin mendapat keuntungan dari jalan yang tidak halal.

Agar hal itu tidak terjadi pada anda, maka sebaiknya anda menggunakan alur kerja yang aman. Yaitu pihak kontraktor membuat surat izin cor untuk area yang sudah dipasang bekisting dan pembesian. Selanjutnya, konsultan pengawas mengecek lapangan untuk memastikan apakah besi dan bekisting sudah dipasang dengan benar dan menggunakan material sesuai spesifikasi teknik. Apabila ditemukan ada yang kurang, maka kontraktor berkewajiban menambah atau melakukan perbaikan. Sebaliknya, bila semua sudah o.k maka izin cor bisa diberikan. Dengan demikian kontraktor bisa melakukan pekerjaan pengecoran dengan baik.

Ketika menyambung besi pastikan minimal panjang 40 kali diamater. Apabila ternyata anda ingin memasang yang lebih panjang itu malah lebih bagus lagi. Sayangnya, apabila anda melakukan itu artinya anda sedang melakukan pemborosan. Sedangkan, apabila anda memaksakan diri untuk menggunakan sambungan yang terlalu pendek, maka besi akan sulit menyatu. Antara bisa satu dengan yang lainnya tidak akan kuat menyatu. Dampaknya, rangkaian besi tidak kuat ketika ditarik. Jenis sambungan lurus memanjang banyak terdapat pada struktur plat lantai beton bertulang, balok, kolom, tangga, jalan beton, dan yang lainya.

Apakah anda masih tetap ingin menghemat anggaran bangunan? Sebaiknya tidak. Meskipun anda hanya ingin membangun rumah yang sederhana, namun anda tetap wajib menyediakan bahan bangunan yang pas. Terlalu sedikit hasilnya tidak memuaskan atau bahkan membahayakan. Bahaya bagi para pekerja dan bahaya pula bagi calon penghuninya. Tentunya anda tidak ingin ada korban dalam proyek bangunan anda kan? Kalau begitu jangan coba untuk mengurangi atau menghemat bahan bangunan.

Terlalu banyak bahan bangunan, itu pun juga tidak bagus. Memang bangunan bisa jadi lebih baik dan berkualitas, namun alangkah lebih baik bila uang tersebut digunakan untuk membeli perabot bangunan saja. Oleh karena itu, anda harus benar-benar mengukur anda mempertimbangkan bahan bangunan yang akan anda gunakan. Jangan asal atau ala kadarnya saja.

Rumah atau bangunan lain dibangun untuk jangkan waktu yang lama. Digunakan setiap hari dan berhjarap dalam waktu (minimal 10 tahun) tidak harus ada yang direnovasi. Inilah yang sering dilupakan oleh para pekerja banguan atau beberapa orang yang ada do bidang proyek pembangunan. Karena sudah masuk ke dalam ranah bisnis, bagi mereka membangun setiap hari artinya penghasilan mereka akan terus ada. Dan membangun bangunan yang awet, bisa jadi mematikan penghasilan mereka sendiri. Nah, persepsi salah seperti inilah yang sering dimiliki oleh beberapa pihak.

Comments

comments