Tips Memilih Besi Beton Berkualitas Tinggi

posted in: Besi Beton | 0

Besi beton adalah salah satu jenis bahan bangunan yang sangat dibutuhkan  dalam mendirikan suatu bangunan, utamnya jenis bangunan dengan tegangan tinggi, seperti halnya gedung bertingkat, , jembatan, irigasi, dan juga drainase jalan. Sebagai bahan dari suatu bangunan, tentunya kebutuhan dari beton pun menjadi hal yang sangat vital dan bahkan dibutuhkan tingkat ketahanan yang tinggi. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan bahan berkualitas. Karena pada dasarnya antara besi dari beton yang satu dengan beton lainnya juga memiliki beberapa macam perbedaan, yang tentunya menentukan kualitas dari barang tersebut. Untuk mengetahui jenis beton mana yang memiliki kualitas tinggi dengan jenis beton standar lainnya, Anda dapat memilihnya dengan melakukan beberapa bentuk tips di bagian bawah ini :

cakar ayam

Pemilihan merek

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui jenis besi dari beton terbaik untuk bahan bangunan itu dapat dilihat melalui merek yang dimilikinya. Untuk melihat merek tersebut, Anda dapat melihat bagian permukaannya, karena biasanya pada permukaan beton tersebut terdapat  nama merek yang dimilikinya. Seperti halnya merek beton dari Krakatau Steel, kemudian Cakratunggal Steel, atau bahkan Master Steel. Ketiga jenis merek tersebut termasuk dalam kategori dari merek beton terbaik yang sudah banyak digunakan di kalangan masyarakat Indonesia. Ketiga merek ini juga termasuk dalam kategori  Standar Nasional Indonesia (SNI), sehingga tidak perlu Anda khawatirkan lagi untuk kualitas yang dimilikinya.

Jenis beton

Tips kedua yang bisa Anda terapkan untuk memilih beton berkualitas itu dapat dilihat melalui jenisnya. Pada umumnya ada dua bentuk jenis dari besi beton yang seringkali digunakan, diantaranya adalah jenis beton ulir serta beton polos. Untuk beton ulir biasnya ia memiliki sirip, sedangkan pada beton polos, hanya memiliki bentuk licin  dengan permukaannya yang polos saja. Untuk beton ulir biasanya sedikit sulit dibentuk, contohnya ketika hendak dibengkokkan. Hal ini berkaitan dengan tegangganya yang cukup tinggi berbeda halnya dengan beton polos yang cenderung lebih mudah untuk dibentuk. Dari hal tersebut tentunya Anda dapat melihat jenis beton mana yang lebih baik dan memiliki kualitas tinggi untuk digunakan .

Segi harga

Rasanya memang sudah menjadi rahasia umum jika kualitas barang ditentukan berdasarkan harga yang dimilikinya. Karena melalui harga biasanya Anda dapat dengan mudah menilai bagaimana kualitas dari beton tersbeut, Hal ini juga berkaitan dengan harga besi beton yang mahal dan memiliki kualitas tinggi dibandingkan dengan beton biasa lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan pula untuk jenis beton dengan harga yang murah tapi memiliki kualitas yang bagus. Karena itulah bagi Anda yang memilih beton, sebaiknya perhatikan antara bentuk kualitas serta harga dengan lebih teliti, karena ungkapan harga tinggi untuk barang berkualitas itu tidak sepenuhnya berlaku dalam bidang bahan bangunan  dari beton yang satu ini.

Ukuran

Selain beberapa bentuk bagian di atas tadi ada pula bagian lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui bagaimana kualitas yang dimilikinya. Hal ini terlihat melalui ukuran dari beton tersebut, baik itu dari segi diameter atau bahkan  panjang pendeknya ukuran beton tersebut. Untuk beton yang berkualitas biasnya dapat dilihat dari kesesuaian antara panjang dengan diameter tersebut, Misalkan jika besi itu memiliki diameter 10mm maka panjang ideal yang dimilikinya pun adalah 10m. Sementara itu, untuk jenis besi dengan ukuran yang tidak sesuai misalkan diameternya 8,5 sementara panjangnya 9M. Maka ada kemungkinan  jika beton yang satu ini sudah mengalami beberapa tahap perubahan. Hingga ia sudah tidak sesuai kembali dengan standar SNI yang diberlakukan untuknya.

Comments

comments