Tips Memasang Besi Tulangan Sloof dan Kolom

posted in: Besi Beton | 0

Besi beton merupakan kebutuhan utama ketika anda membangun rumah. Salah satu jenis besi beton yang akan dibahas kali ini adalah besi tulangan sloof dan kolom. Besi tulangan sloof dan kolom bisa anda gunakan pada beberapa jenis bangunan. Misalnya, rumah desain minimalis, modern, atau bahkan rumah impian lantai 2. Dalam artikel ini akan dibahas proses pemasangan besi tulangan sloof dan kolom.

Pastikan sebelum memulai proses pemasangan, kebutuhan besi tulangan sloof dan tiang kolom sudah cukup. Agar hasil yang didapat maksimal, proses pemasangan besi tulangan sloof dan kolom harus dilakukan oleh ahlinya. Yaitu, tukang bangunan yang berpengalaman. Tukang yang berpengalaman tentunya sudah mengerti mengenai konstruksi bangunan rumah. Hal ini akan memudahkan anda untuk mewujudkan bangunan rumah yang anda idam-idamkan.

Saat mengukur dan membeli besi tulang sloof, pastikan kebutuhan anda benar-benar sudah mencukupi. Apabila menganut konsep rumah tumbuh, anda harus melebihkan sekitar 1 m tiap besi tulangan pada batas sambungan. Hal ini digunakan sebagai besi stek/sambungan.

Bagi anda yang baru mengenal konsep rumah tumbuh mungkin sedikit bingung. Konsep rumah tumbuh merupakan sebuah konsep yang digunakan untuk mengantisipasi jikalau nanti di masa depan rumah yang saya ini dibangun akan ditambahkan banguan lagi. Jadi, alokasi bahan yang digunakan lumayan agak boros. Inilah salah satu kekurangan konsep rumah tumbuh. Terutama pada bahan material besi untuk tulangan.

Bukan hanya pada rangkaian besi tulangan sloof, pemborosan pun juga akan dialami pada rangkaian besi tulangan kolom atau tiang bangunan. Untuk tiang rumah lantai 1 dengan tinggi 4 m, rangkain besi tulangan yang dibutuhkan minimal 5 m, lebih bagus kalau 5,5 m. Kenapa bisa hingga 5,5 meter? Detailnya seperti ini:

  • Satu meter digunakan untuk stek bagian atas
  • Dan 0,5 m untuk bagian bawah.

Bisanya, pemasangan besi tulangan sloof dan kolom dikerjakan oleh dua orang tukang dan satu pekerja (kenek). Tukang bertugas membuat mal atau menyetting ukuran dan kesikuan dari besi tulangan yang dipasang. Agar lebih jelas, silahkan cek foto ini.

besi-tulangan-sloof

Apabila anda sudah membeli besi tulangan yang sudah dirangkai, maka anda cukup menyediakan kawat beton saja. Namun, bila besi tulangan belum dirakit, maka sediakan besi-besi ukuran atau diameter 10 mm. Besi tulangan pokok berdiameter 8 mm, sedangkan besi cincin atau sengkang diameter 6 mm sesuai.

Untuk lebih jelasnya cek ini.

besi-beton-kolom

Apabila anda ingin membangun sebuah rumah baru, proses proses pemasangan besi tulangan sloof dan tiang kolom sangat penting. Apabila salah perhitungan, bia-bisa rumah impian anda hasilnya tidak memuaskan. Ada dua faktor yang perlu anda perhatikan ketika akan membangun rumah. Yaitu, bahan dan tukang. Dua faktor ini tidak bisa dipisahkan.

Apabila and amenginginkan hasil yang memuaskan dengan kulaitas yang tinggi, maka anda patut memperhatikan dua faktor tadi. Tukang merupakan faktor penting bagiamana rumah anda dibangng. Apa yang anda inginkan, tidaka kan mudah terealisasi bila tukang yang membuat rumah anda masih kebingungan dengan konsep rumah yang anda inginkan.

So, dalam hal ini anda harus rajin-rajin berkomunikasi dengan Tukang. Bukan hanya membutuhkan alokasi dana yang lumayan, anda pun juga harus mengalokasikan waktu pula. membangun rumah seperti menjalin hubungan baru dengan seseorang. Apabila salah komunikasi bisa-bisa bangunan yang diinginkan malah tidak memuaskan.

Untuk urusan bahan ini pula tidak bisa ditawar-tawar. Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, anda pun sudah sepatutnya memilih bahan yang berkualitas pula. Apaila anda ingin mendapatkan hasil maksmial, tapi bahan yang anda sediakan pas-pasan, maka itu smeua hanya akana jadi angan-angan. So, apabila anda menginginkan bangunan rumah yang berkualitas, maka anda patut menyediakan bahan yang berkualitas pula.

Apabila sudah demikian, bagi anda yang ingin membangun rumah pastikan semua faktor tadi terpenuhi. Tukang dan bahan merupakan dua hal yang sering dikeluhkan oleh para pemilik rumah. Ya, kadangkala anda harus menerima kenyataan kalau seandainya bangunan yang anda inginkan tidak sesuai harapan. Mungkin anda telah melewatkan dua faktor tadi. tukang atau bahan. Bahkan, mungkin bisa dua-duanya.

Comments

comments