Teknik Membuat Marking Pada Plat Hitam Eser

posted in: artikel | 0

Plat Hitam EserDi dalam proses fabrikasi, marking adalah istilah yang dipakai untuk membuat sketsa untuk tiap section dari produk yang akan dibuat oleh seorang fitter dengan menggunakan lembaran plat hitam eser atau material lainnya. Marking bisa berwujud titik – titik maupun garis – garis, tergantung dari bentuk produk yang akan dibuat berdasarkan atas drawing yang sudah ada sebelumnya. Sebelum melakukan proses marking, seorang fitter seharusnya sudah sangat memahami apa yang diinginkan oleh drawing, misalnya saja soal bentuknya seperti apa, bagian mana saja yang akan dimarking, berapa ukurannya dan lain sebagainya. Tugas – tugas tersebut biasa disebut sebagai “membaca gambar”.

Bagaimana cara marking plate untuk fabrikasi ducting menggunakan plat hitam eser dengan ukuran lebar 1200mm x panjang 6000mm x ketebalan 6mm? Berikut kami akan jelas secara sederhana proses yang harus dilakukan.
– Buatlah coretan untuk menghitung berapa panjang maupun lebar plat yang dibutuhkan.

– Siapkan lembaran plat eser sesuai dengan kebutuhan. Pergunakan ukuran standar,yakni 6100mm x 1525mm x 6mm.

– Persiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan marking, antara lain: meteran, penggaris, spidol marker, centerpen dan lain sebagainya.

– Tarik meteran dari tepian plat sekitar 5 mm kemudian buat garis mendatar dengan arah sejajar dengan tepi plat.

– Tarik meteran dengan panjang 3749.5 mm dari 5 mm tadi kemudian buat garis.

– Cek diagonal sketsa yang sudah dibuat. Lakukanlah langkah tersebut dengan benar dan usahakan agar selisih diagonal hanya 0 – 1 mm. Pasalnya, jika tidak tepat maka hasil ducting akan menjadi kurang bagus.

– Supaya marking tidak mudah terhapus maka gunakanlah centerpen/penitik untuk menandai setiap sudut.
– Lakukanlah langkah no 1 hingga no 7 untuk lembaran plat berikutnya.

 

Untuk masalah pengadaan plat, maka pecayakan kepada Toko Besi Permata. Tempat ini menjadi yang paling direkomendasikan karena produk plat eser yang tersedia sangat lengkap. Pengalaman yang dimiliki juga sangat banyak karena telah terlibat di industry ini selama bertahun – tahun. Jadi, selalu percayakan kebutuhan plat hitam eser hanya kepada Toko Besi Permata.

 

Comments

comments