Struktur dan Mekanisme Pondasi Cakar Ayam

posted in: Cakar Ayam | 0

struktur cakar ayamPondasi cakar ayam merupakan salah satu jenis pondasi pada bangunan. Beberapa jenis pondasi lain, diantaranya pondasi tiang pancang, pondasi umpak atau setempat, pondasi dangkal dan pondasi sumuran.

Pondasi cakar ayam ditemukan oleh Sedijatmo, ditemukan karena kondisi yang mendesak. Sedijatmo harus mendirikan menara listrik di daerah rawa, sedangkan sistem konvensional sangat sulit diterapkan pada daerah berawa-rawa, kemudian dicarilah sistem baru dan kemudian muncullah pondasi yang dinamakan pondasi cakar ayam.

Struktur Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam termasuk dalam jenis pondasi dangkal, karena kedalaman dasar pondasi cakar ayam kurang dari 3 meter, sangat kecil bila dibandingkan dengan lebar pondasinya, jika berdasarkan bentuknya yang lebar maka termasuk jenis pondasi rakit atau raft foundation. Pondasi cakar ayam umumnya menggantung pada lapisan tanah permukaan.

Pondasi ini terdiri dari plat beton bertulang, ketebalan plat beton tergantung dari keadaan tanah di bawahnya dan jenis konstruksi, rata-rata ketebalannya sekitar 10 hingga 20 cm. Pada bagian bawah plat beton dibuat sumuran pipa-pipa yang memiliki jarak sumbu kisaran 2 sampai 3 meter. Plat pondasi cakar ayam yang tergolong tipis, maka pondasi ini termasuk dalam tipe pondasi yang fleksibel.

Mekanisme Sistem Pondasi Cakar Ayam

Berikut akan kami bahas untuk mas bro semua mengenai mekanisme pondasi cakar ayam dalam sistem memikul beban. Jika titik beban bekerja di atas plat, maka plat akan melendut karena titik beban tersebut. Lendutan tersebut seanjutnya akan menyebabkan pondasi cakar ayam berotasi. Rotasi terbesar pada pondasi cakar ayam terletak di dekat beban.

Kondisi yang cocok untuk penggunaan pondasi cakar ayam ini adalah pada kondisi beban-beban yang berat dan bekerja pada jangka pendek (Short-term loading). Namun jika pondasi jenia ini digunakan untuk mendukung beban yang permanen/tetap atau statis dan bekerja pada waktu lama (long term loading), maka dalam tekanan pondasi pada tanah dasar yang lunak, harus memperhitungkan penurunan konsolidasi. Dasar pemikiran dari pondasi cakar ayam ialah memanfaatkan tanah pasif.

Comments

comments