Serba-serbi Besi Kuning yang Fleksibel untuk Segala Keperluan

posted in: artikel | 0

Besi Kuning yang Fleksibel untuk Segala Keperluan

Besi kuning atau sering juga disebut dengan kuningan sebenarnya merupakan nama yang tidak terlalu tepat. Lantaran logam yang satu ini sebenarnya terbuat dari campuran antara tembaga dengan seng. Tembaga merupakan bahan utama dari logam yang satu ini, dan sejak zaman dahulu kala, kuningan sudah menjadi logam yang digunakan untuk koin uang maupun untuk senjata.

besi-kuningUntuk komposisi dari kuningan ini, kadarnya adalah tembaga dengan variasi komposisi antara 55% sampai sejumlah 95%. Komposisinya bisa berubah tergantung dari tujuan untuk menggunakan logam tersebut. Sedangkan untuk seng, komposisinya adalah berada pada kisaran 5% sampai dengan sebesar 40%. Namun selain kedua bahan tersebut, bukan tak mungkin kuningan juga mengandung bahan lain seperti timah misalnya. Bahkan arsenic dan antimony pun kadang ditambahkan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya korosi.

Besi kuning ini sendiri banyak dimanfaatkan dalam industri. Alasannya tentu saja karena keunggulannya yang banyak.

 

 

 

 

 

Perpaduan antara seng dan tembaga tersebut menghasilkan logam yang memiliki sifat berikut ini:

  • Lebih kuat dan juga keras jika dibandingkan dengan tembaga karena adanya tambahan seng (meski belum bisa mengalahkan baja).
  • Kuningan sangat mudah untuk bisa dibentuk menjadi macam-macam peralatan dan perkakas, sehingga sangat disukai dalam industri.
  • Kuningan juga adalah konduktor untuk panas yang sangat baik.
  • Karena campuran dari beberapa kandungan mineral lain, kuningan juga tahan terhadap korosi dan bahkan tahan dengan air garam.
  • Kuningan juga dikenal memiliki sifat yang antiseptik karena tembaganya.

Melihat dari keunggulan yang dimiliki oleh kuningan tersebut, maka tak mengherankan jika kemudian logam ini dipakai oleh banyak industri. Anda akan bisa menemukan logam kuningan dipakai untuk:

  • Dalam industri kesehatan, khususnya di rumah sakit, kuningan dipakai sebagai gagang pintu. Ini lantaran kuningan ternyata bisa melakukan disinfeksi terhadap berbagai bakteri yang menempel di permukaannya dalam kurun waktu 8 jam.
  • Sebagai konduktor panas yang baik, maka kuningan juga sering dipakai untuk bagian dari senjata api, tabung, dan juga radiator.
  • Banyak aplikasi yang dipakai dalam kelautan juga memanfaatkan kuningan sebagai logam di dalamnya.
  • Untuk alat musik, kuningan juga sering dipakai. Contohnya saja adalah bahan untuk terompet dan bagian drum (snare).
  • Untuk dekorasi rumah, kuningan memberikan warna yang sekilas mirip dengan emas, sehingga banyak dipakai untuk memberikan aksen pada rumah.

Baca juga: Daftar Harga Besi Terbaru

Membicarakan tentang kuningan, berdasarkan dari komposisinya, Anda akan menemukan ada sangat banyak jenis dari logam satu ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kuningan Aich, terdiri dari 60% tembaga, 36,6% seng, 1,02% timah, serta 1,74% besi. Ini yang biasa dipakai untuk peralatan kelautan karena tahan korosi dan keras.
2. Kuningan Alpha, seng nya di bawah 35%. Sangat bagus untuk dipakai di cuaca dingin.
3. Kuningan alumunium, adanya logam tambahan ini membuatnya anti dengan korosi.
4. Kuningan DZR, kuningan dengan sedikit kandungan arsenic yang akan membunuh organisme seperti bakteri.
5. Kuningan tinggi, 65% tembaga serta 35% seng. Daya tariknya tinggi dan sering dipakai untuk paku keling dan pegas.

Itulah beberapa jenis dari besi kuning yang akan Anda temukan di pasaran. Untuk keterangan lebih jelasnya, dan juga pengaplikasiannya untuk rumah Anda, Anda bisa mengunjungi besibeton.net untuk lebih jelasnya. Di situs ini, Anda juga akan menemukan informasi lebih jauh mengenai jenis-jenis logam lain yang akan berguna dalam pembangunan rumah Anda.

Comments

comments