Melirik Ciri Khas Konsep Arsitektur Modern Minimalis

posted in: artikel | 0

Melirik Ciri Khas Konsep Arsitektur Modern MinimalisMembangun hunian sesuai impian semakin mudah dengan banyaknya konsep arsitektur yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Menariknya semakin banyak yang melirik konsep arsitektur modern minimalis. Hunian dengan arsitektur modern memiliki garis bangunan simpel namun tegas sehingga nampak sederhana sekaligus elegan bersamaan. Sedangkan pada konsep minimalis mampu memanfaatkan lahan dengan maksimal.

Kepemilikan lahan yang tidak begitu luas menjadikan kedua konsep arsitektur tersebut cocok untuk diterapkan. Sebab hunian modern dan juga hunian bergaya minimalis tidak memerlukan lahan seluas lapangan bola. Bahkan dengan lahan terbatas hunian dengan tampilan indah dan juga mampu memberi rasa nyaman bisa didapatkan.

Ciri Khas Bangunan Modern Minimalis

Mencoba mengenal lebih dalam mengenai konsep arsitektur modern minimalis bisa dimulai dengan melirik ciri khasnya. Adapun ciri khas yang diusung konsep arsitektur ini antara lain:

  1. Kesederhanaan sebagai inti, Menilik hunian yang sudah mengadopsi konsep modern minimalis dijamin akan memanjakan mata. Sebab konsep ini lebih mengutamakan kesederhanaan sebagai inti dalam proses pembangunan hunian. Sehingga tidak ada bagian yang nampak berlebihan dan terlalu mencolok.
  2. Menyajikan elemen garis simetris, Biasanya hunian modern minimalis diterapkan pada lahan yang terbatas sehingga menghadirkan elemen garis. Secara unik elemen garis ini dibuat simetris entah dalam posisi horizontal mauoun vertikal yang justru simpel dan memikat.
  3. Mengedepankan fungsi, Salah satu prinsip yang diusung dalam desain modern minimalis ini adalah “Less Is More”, sehingga bangunan nampak minim. Ketersediaan ruang yang terbatas menunjukan konsep ini mengedepankan fungsional, sehingga menekan resiko ada ruang yang tidak digunakan.
  4. Material bangunan terlihat jelas, Secara umum bangunan dengan konsep modern minimalis ini mempergunakan material kaca, besi, beton, dan juga kayu. Menariknya semua material ini bisa terlihat jelas oleh penghuni maupun siapa saja yang bertandang. Sehingga sering disebut “jujur” dalam urusan material bangunan.
  5. Rancangan bangunan dibuat terbuka, Ciri khas berikutnya adalah rancangan bangunan yang dibuat terbuka dengan meningkatkan jumlah ventilasi dan kaca. Sehingga hunian dengan konsep ini ramah lingkungan dan hemat energi.

Apabila memerlukan inspirasi dalam menentukan tema arsitektur bangunan rumah impian, maka bisa melirik ciri khas konsep arsitektur modern minimalis yang disampaikan di atas.

Comments

comments