Kelebihan Rumah Botol Ramah Lingkungan yang Diminati Publik

posted in: Besi Beton | 0

SRumah botoludahkah melihat langsung rumah botol ramah lingkungan karya Ridwal Kamil? Gubernur Jawa Barat ini memang dikenal dulu sebagai arsitek dengan beragam prestasi. Salah satunya adalah membangun rumah memakai botol bekas yang dikenal sebagai rumah botol. Desain ini kemudian mulai ditiru oleh banyak arsitek sehingga lebih banyak rumah botol dibangun di tanah air. Jenis botol yang digunakan tidak harus botol kaca seperti botol kemasan kecap, namun juga botol plastik.

Kelebihan Hunian dengan Konsep Rumah Botol

Selain dikenal sebagai salah satu konsep hunian yang ramah lingkungan, konsep rumah botol dikenal pula punya segudang kelebihan. Kelebihan ini antara lain:

    1. Melakukan daur ulang sampah, Sampah dalam bentuk botol memang perlu diakui sulit untuk diuraikan oleh alam, dengan karakter ini tentu cocok untuk didaur ulang. Artinya sampah botol ini bisa diolah kembali supaya bisa dimanfaatkan ulang, salah satunya dibuat bangunan rumah. Rumah botol pun disebut sebagai hunian dengan konsep daur ulang sehingga meminimalisir jumlah sampah.
    2. Biaya membangun rumah lebih hemat, Berhubung rumah botol ramah lingkungan ini mempergunakan limbah yakni sampah botol kaca maupun plastik. Maka dijamin biaya yang dikeluarkan untuk membangunnya lebih efisien dibanding pemakaian material konvensional. Batu bata diganti dengan botol yang disi material seperti pasir, sehingga biaya yang terpangkas sangat lumayan.
    3. Rumah tahan lama dan tahan beban, Semua orang tahu bahwa sampah botol baik dari material kaca maupun plastik tidak mudah diurai. Bakteri pengurai di alam butuh ratusan tahun untuk menjadikan sampah jenis ini melebur menjadi satu dengan tanah. Membangun rumah memakai material tahan ratusan tahun dijamin kokoh dan awet. Bahkan tahan beban sehingga minim resiko ambruk karena berbagai sebab.
    4. Menawarkan hunian bioklimatis, Hunian memakai botol termasuk hunian bioklimatis yakni memastikan udara di dalamnya tetap sejuk. Hal ini terjadi karena penggunaan botol sebagai dinding rumah efektif mengatur suhu dan juga mencegah efek radiasi dari sinar matahari.

Kelebihan rumah botol ramah lingkungan inipun menjadi pilihan banyak orang untuk memiliki hunian yang nyaman dan sehat. Sehingga cocok dijadikan pilihan oleh siapa saja yang berencana membangun rumah impian.

Comments

comments