Ciri-ciri Besi Siku yang Dipakai Tukang Las

posted in: Besi Siku | 0

Ciri-ciri Besi Siku yang Dipakai Tukang LasBesi siku banci – Besi siku merupakan salah satu jenis bahan pembuatan perabot dan juga konstruksi yang sudah banyak beredar di pasaran. Banyak sekali pihak yang menjual besi siku, seperti di toko bahan bangunan atau pihak pemroduksi. Tentu saja hal seperti ini menandakan bahwa besi siku memiliki manfaat yang luar biasa dalam dunia industri maupun konstruksi.

Sayangnya, beberapa tahun terakhir kejadian seperti ini justru dimanfaatkan dengan beberapa oknum tak bertanggung jawab. Mereka mengedarkan besi siku banci yang tentu saja tidak sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh pihak pemerintah. Tak hanya itu, para konsumennya pun bisa mengalami kerugian tertentu akibat membeli besi siku banci.

Adanya besi siku banci ini biasanya terungkap saat pemerintah melakukan inspeksi. Sehingga, hal ini menimbulkan kejadian saling lempar tanggung jawab dari pihak toko bahan bangunan, distributor, dan juga produsen. Tentu saja, kejadian ini bukan sesuatu yang menguntungkan dan justru akan merugikan hanya karena besi siku banci.

Daftar Harga Besi Siku Terupdate

NoUkuran(Tebal)Harga
1SIKU 30 X 30 BCRp 21.500
2SIKU 30 X 30 FULLRp. 33.000
3SIKU 40 X 40 BCRp 31.600
4SIKU 40 X 40 FULLRp 55.000
6SIKU 50 X 50 FULLRp. 88.000
8SIKU 60 X 60 FULLRP 205.500
9SIKU 70 X 70 FULLRp 272.500
10SIKU 75 X 75 FULL
11SIKU 80 X80 FULL
12SIKU 100 X 100 FULL
Catatan : Harga Sewaktu-waktu Dapat Berubah Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu

Menurut I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Industri Material Logam Dasar, ada 3 cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui besi siku banci. Dengan demikian, Anda tak perlu mengalami kerugian hanya karena salah memilih besi siku yang kualitasnya tak sesuai dengan ketetapan pemerintah. Berikut ini ketiga ciri tersebut.

  1. Spesifikasi produk

Spesifikasi baja sirip yang sesuai standar memiliki label baja tulangan beton (BjTB). Sementara itu, para produsen nakal meniru produk ini dengan memberi label baja untuk keperluan umum (BjKU). Memang harga BjKU lebih murah. Namun, jenis ini belum memenuhi SNI.

Selain itu, BjTB mendapatkan perlakuan khusus dari segi mekanis dan teknis supaya memiliki ketahanan terhadap beban dan juga gempa.

  1. Ukuran diameter

Menurut aturan SNI yang berlaku, toleransi ukuran diameter adalah ± 1%. Namun, produsen nakal biasanya mengurangi ukuran tersebut. Mungkin pengurangan ukuran ini jumlahnya tidak terlalu besar. Namun, berkurangnya ukuran diameter ini akan sangat berbahaya terhadap ketahanan besi siku terhadap beban yang ditopang.

  1. Pemotongan panjang produk

Dalam hal ini, produsen nakal akan memotong atau mengurangi panjang besi siku. Menurut SNI, panjang besi siku ini adalah 12 meter. Namun, para produsen nakal bisa saja mengurangi panjang besi siku ini misalnya saja menjadi 11,5 meter. Tentu saja hal ini akan merugikan para konsumen meski selisih panjangnya tak banyak.

Beberapa pihak mengaku dirinya membuat besi siku banci karena banyaknya permintaan pasar. Sebenarnya, permintaan pasar yang melimpah memang bisa memberi keuntungan yang juga bertambah untuk pihak produsen. Namun, bukan berarti beberapa pihak produsen membuat besi siku banci yang justru akan mengurangi kualitas besi siku itu sendiri.

 

Comments

comments