Ciri-Ciri Besi Hollow Kotak Banci yang Dipakai Tukang Las

posted in: Besi Hollow | 0

Pembangunan infrastruktur baik gedung hingga perumahan semakin menjamur di wilayah perkotaan. Tak pelak kehadiran distributor atau toko bahan bangunan juga meningkat seiring dengan permintaan yang terus naik. Bahan bangunan seperti besi hollow kotak juga diminati karena bahannya yang tahan terhadap korosi atau karat. Karena semakin diminati akhirnya membuat oknum penjual memanfaatka situasi yang ada, salah satunya menjual besi Hollow kotak banci. Jika sudah seperti ini maka Anda perlu lebih berhati-hati saat membeli besi hollow kotak yang diinginkan.

Besi hollow merupakan besi berbentuk persegi panjang dan ketebalan yang beragam. Besi hollow dibagi menjadi 2 jenis yakni besi hollow galvanis dan galvalume. Keduanya sama-sama menggunakan bahan baku zinc dan aluminium, namun khusus besi hollow galvalume bahan silicon ditambahkan sebesar 1,5%. Harga dari kedua jenis besi hollow tersebut juga berbeda sesuai dengan material yang digunakan dalam proses pembuatannya. Saat ini banyak distributor yang menjual besi Hollow kotak banci yang sebenarnya akan merugikan konsumen atau pelanggan yang menggunakannya.

Istilah besi Hollow kotak banci digunakan untuk mengidentifikasi besi yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Istilah “banci” sendiri juga merujuk pada jenis besi lainnya. Biasanya besi banci sering dipakai oleh tukang las karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan besi hollow sebenarnya. Meski begitu besi hollow banci tentu memiliki keunggulan yang tidak sebanding dengan besi hollow asli karena proses pembuatannya tidak diawasi dengan baik. Karena prosesnya yang tidak diawasi, maka dikhawatirkan pemakaian besi banci tidak aman untuk digunakan pada konstruksi bangunan seperti pagar. Berikut ini ciri-ciri besi hollow banci yang digunakan oleh tukang las

  1. Tidak ada cetakan timbul

Dalam produk ber-SNI pasti akan ada cetakan timbul atau emboused yang digunakan untuk menandai bahwa produk tersebut telah memenuhi standar nasional yang telah ditetapkan. Umumnya cetakan timbul tersebut berupa singkatan nama produsen yang memproduksi besi hollow kotak. Jika rangka besi hollow Anda tidak memiliki cetakan timbul, maka kemungkinan besar besi hollow tersebut merupakan besi banci

  1. Tidak ada tanda pada ujung besi hollow

Biasanya besi hollow baja akan ditandai pada ujung-ujung penampangnya dengan warna yang tidak mudah hilang. Hal ini merupakan salah satu yang diterapkan oleh pemerintah untuk mengidentifikasi besi hollow yang asli dan palsu.

  1. Tidak ada kode BJKU

BJKU merupakan singkatan dari Baja Batangan Keperluan Umum. Baja jenis ini digunakan untuk keperluan pembuatan pagar rumah dan kanopi. Kode BJKU sebenarnya telah diedarkan namun penerapannya belum merata sehingga rentan terhadap kecolongan. Dengan adanya kode ini maka otomatis besi hollow memiliki ukuran dan ketebalan yang telah sesuai standar uji yang dilakukan oleh pemerintah.

 

Meskipun besi Hollow kotak banci telah beredar luas, masih ada beberapa distibutor atau toko yang menjual besi hollow kotak dengan kualitas terjamin. Salah satu yang direkomendasikan adalah Toko Besi Pratama. Mengapa Toko Besi Pratama?, karena toko besi Pratama hanya memberikan produk besi unggulan dengan mutu terbaik serta harga yang bersaing. Toko besi Pratama menjual berbagai jenis besi untuk keperluan rumah dan konstruksi bangunan dengan berbagai ukuran paling kecil hingga yang paling besar. Harga yang dijual memang relatif terjangkau, namun tak lantas menjadikan kualitasnya lemah. Besi hollow kotak yang dijual memiliki keunggulan meredam panas yang baik serta tahan terhadap karat.

Comments

comments