Cara Mudah Memasang Bagian Bekisting Sloof Pada Rumah Serta Pagar

posted in: artikel | 0

cara-merakit-besi-tulanganSloof dapat dipasang pada beberapa bagian bangunan yang berbeda, diantaranya untuk bangunan rumah, gedung atau bahkan pagar.Pemasangan sloof itu sendiri dapat dibuat dengan dua fungsi yang berbeda. Ingin tau bagaimana perbedaan dari cara pemasangan tersebut untuk 2 bentuk fungsinya yang berbeda? Simaklah uraian penjelasannya di bagian bawah ini :

  1. Sloof yang digunakan dalam bangunan dinding rumah serta gedung

Untuk fungsi yang pertama sloof biasanya digunakan pada bagian lantai pertama atau pun lantai dasar dari suatu gedung, dan biasanya sloof ini lagsung dipasang tepat dengan posisi duduk di atas bagian tanah. Jenis sloof ini digunakan untuk membuat pondasi menerus pada bagian rumah Anda. hal ini berfungsi untuk mendukung keadaan bangunan utamanya pada bagian dinding batu bata  atau pun batako serta kolom

  1. Sloof yang digunakan untuk kebutuhan pagar dinding yang dibuat dari batu bata

Selain berfungsi dalam pembangunan rumah, pemasangan sloof juga berfungsi sebagai pondasi menerus yang dapat diterapkan dalam bentuk pagar halaman yang juga terbuat dari batu bata.

Cara mudah membuat bagian bekisting mall sloof

Jika Anda ingin membuat bangunan rumah dengan mnggunakan bantuan dari tangan Anda sendiri, maka berikut ini penulis sajikan sedikit informasi singkat mengenai cara mudah pembuatan serta pemasangan dari sloof tersebut, diantaranya adalah :

  1. Jenis sloof yang dipasang di atas bagian tanah langsung dalam posisi duduk.

a      Untuk jenis pemasangan yang satu ini jika ia sudah dipasangkan di atas bagian tanah, kemudian papan atau bahkan menggunakan tripleks bekisting dari jenis sloof yang dimilikinya dengan pemasangan yang tegak dan ditempatkan pada bagian sisi luarnya. Pemasangan ini dapat dilakukan dengan pemberian jarak sekitar 2,5 hingga 3 cm, dan biasanya diterapkan dalam jenis selimut besi beton. Sementara untuk bagian dari papan atau bahkan tripleks itu tadi biasnya lebih diperkuat dengan menggunakan skor kayu agar hal ini tidak berubah menjadi rusak dan juga mudah pecah ketika tengah melakukan pengecoran.

b      Sementara itu untuk pemasangan dari bekisting sloof biasanya akan dilakukan sebelum bagian dari besi tulang di bagian sloof itu dipasang. Kemudian ia diperkuat dengan adanya skor kayu yang mana pada beberapa jarak tertentu, bagian dari bekisting tersebut akan berubah menjadi lebih kuat serta tidak mengalami kerusakan apapun akubat adanya pengecoran itu tadi.

  1. Pemasangan sloof gantung  yang disimpan dengan posisi tidak duduk dibagian atas tanah

Untuk pemasangan sloof yang satu ini memang berbeda dengan pemasangan dari sloof dibagian atas tadi, perbedaan tersebut juga terlihat melalui cara pemasangannya di bagian bawah ini :

a      Pemasangan untuk sloof dengan posisi tergantung atau tidak berada dalam kondisi duduk dibagian atas dari tanah ini, biasanya terjadi karena adanya tapak dari sloof itu tadi atau dikenal sebagai bottom yang direncanakan memiliki ukuran lebih tinggi jika dibandingkan dari permukaan tanah yang dimilikinya.

b      Sementara itu, untuk bagian bekisting dapat dibuat dengan menggunakan bagian dari papan atua pun tripleks terlebih dahulu yang terdapat di wilayah bagian bawah sloof. Karena keadaan sloof itu sendiri berada dalam posisi tergantung  di atas tanah. Hal ini biasanya disokong menuju tanah sehingga tampilan pun tidak melengkung. Setelah itu papan atau triplek tersebut dipasang dalam dua bagian sisi dinding yang kiri serta kanan. Kemudian mereka diperkuat dengan bagian dari skor kayu yang terdapat di semua bagian sisinya yang memang dianggap perlu. Sehingga bekisting tersebut pun akan berada dalam kondisi yang kuat dan tahan lama.

Comments

comments