Cara Merakit Besi Tulangan Sloof

posted in: Besi Beton | 0

Cara Merakit Besi Tulangan Sloof masih sama, untuk membangun rumah idaman, anda patut mempertimbangkan konsep membangun rumah tumbuh. Kenapa demikian? Karena dengan adanya model dan tipe rumah yang bermunculan setiap saat, maka anda seharusnya mendesain rumah yang siap untuk diperindah lagi. Maksudnya, dengan menggunakan konsep rumah tumbuh anda tidak akan repot apabila mau memperindah desain atau banguan rumah anda.

Nah, salah satu hal pertama untuk mendesain rumah dengan konsep rumah tumbuh yaitu dalam hal merakit besi tulangan sloof. Sebaiknya, pada proses perakitan ini, silahkan serahkan perihal perakitan kolom praktis dan kolom tiang pada ahlinya. Tujuannya, agar bangunan rumah yang anda bangun benar-benar kokoh dan kuat.

Selanjutnya, dengan total luas bangunan 136 m² lantai 1 dibutuhkan panjang pondasi dengan besi tulangan sloof sekitar 103 m. Berdasarkan pengalaman, luas bangunan lantai 1 sekitar 48 m² mencakup ruang kamar utama, ruang tamu dan teras rumah. Berdarkan informasi ini, maka and bisa mulai masuk ke tahap perakitan besi tulangan, siapkan bahan-bahan seperti berikut:

  • Rakit besi tulangan sloof ukuran 15 x 20 cm sepanjang 43 m.
  • Rakit besi tulangan kolom praktis ukuran 10 x 10 cm sebanyak 5 buah. Panjang masing-masing 4 m.
  • Rakit besi tulangan kolom tiang ukuran 20 x 30 cm sebanyak 8 buah. Panjang masing 4 m.

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan sudah siap, ketahui kebutuhan tulangan dan ukuran yang akan dibuat. Hal ini idlakukan sebelum proses merakit besi tulangan dilakukan :

Hitung kebutuhan besi beton yang akan dibeli sesuai perencanaan. Dengan melihat perencanaan, maka bisa melihat besi beton dengan ukuran berapa saja yang dibutuhkan. Hal ini akan lakukan untuk menentukan ukuran besi tulangan yang akan dibuat.

Berikutnya, untuk besi tulangan sloof, gunakan 4 buah besi beton polos diameter 10 mm dan 2 buah besi diameter 8 mm. Lalu, untuk besi sengkang atau cincin gunakan besi diameter 6 mm. Perlu diperhatikan, silahkan gunakan besi cas bukan besi beton banci.

cara-merakit-besi-tulangan-sloof

Proses Perakitan Besi Tulangan Sloof

Selanjutnya, masuk pada proses merakit besi tulangan:

  • Pertama, silahkan beli besi tulangan sesuai kebutuhkan dan kawat untuk mengikat besi tulangan.
  • Kedua, beli pula peralatan untuk proses merakit besi tulangan.
  • Ketiga. Buat cetakan untuk membuat besi cincin atau sengkang.
  • Keempat. Rakit atau satukan besi cincin atau sengkang dengan besi tulangan sesuai dengan ukuran.

cara-membuat- besi-tulangan-sloof

Nah, proses perakitan besi tulangan sudah selesai. Meski demikian, anda masih punya banyak pekerjaan lagi. Pemilihan baja yang kuat dan bukan besi baja yang merupakan hal yang patut anda lakukan. Terpaksa mungkin, jangan gunakan besi baja banci sebagai pilihan.

Sebaiknya anda gunakan besi cas saja. Sudah sering saya mendengar kualitas besi baja banci yang cukup rendah. Memang, harganya lebih murah dibanding besi cas. Namun, itu hanya semntara. harga menentukan kualitas. semakin mahal barang ayng anda pilih, maka semakin bagus pula kualitas besi baja yang anda dapatkan.

Berkualitas memang identik dengan mahal. Mengingat, rumah merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap orang. Apabila rumah yang anda singgahi ternyata bermasalah (bocor, tembok retak. dll) tentunya anda sendiri yang akan merasakan repotnya.

Bahan banguanan yang berkualitas merupakan pilihan utama. Tidak perlu banyak pertimbangan saat anda mau mmebeli bahan berkualitas untuk rumah anda. Ada banyak hal yang sepatutnya tidak harus anda pikirkan, tai ckup anda lakukan. Rumah merupakan suatu tempat di mana anda akan tinggal di sana dalam jangka waktu yang cukup lama. So, sudah sangat patut apabila anda membangun rumah itu dengan menggunakan bahan yang berkualitas.

Permasalah mengenai bahan tidak bisa terlpas dari peran tukang. Tukanglah yang pada tahap selanjutnya akan berperan penting mengolah bahan yang anda berikan. Bisa jadi, bahan yang berkualitas tidak menghasilkan rumah yang kokoh dan berkualitas. Oleh karena itu, tugas anda tidak hanya membeli bahan yang berkualitas saja, melainkan anda pun patut mengawasi proses pembangunan rumah anda pula.

Bagi anda yang sibuk dengan pekerjaan kantor, atau dengan urusan -urusan bisnis lainnya, anda bisa menggunakan biro banguanan untuk mengurus semua itu. Masalah bahan dan tukang, anda tidak perlu memikirkannya. Anda cukup mengeluarkan sejumlah dana saja. Bagi anda yang meiliki dana terbatas, hal ini cukup membuat anda merasa was-was, karena uang yang dibutuhkan untuk hal ini, biayanya cukup mahal.

Comments

comments