Cara Menghitung Kebutuhan Besi Beton Polos

posted in: Besi Beton Polos | 0

cara menghitung besi betonBesi beton polos – Membuat sebuah rumah tentu membutuhkan perhitungan khusus mas bro, terutama untuk membuat rangka rumah. Berapa jumlah besi yang dibutuhkan, besi jenis apa yang dibutuhkan, dll. Biasanya hitungan seperti ini paling cepat menggunakan software tertentu, namun bukan berarti mas bro tidak dapat menghitung kebutuhan besi beton secara manual.

Teknik menghitung besi beton secara manual

Coba untuk buat contoh yang simple aja mas bro. Apabila mas ingin membuat sebuah kolom beton bertulang, tingginya sekitar 3,5 m, sedangkan kolom beton yang dibutuhkan adalah 20 x 20 cm, tulangan utama besi beton polos yang akan digunakan berdiameter 10 mm sebanyak 4 buah, ada juga tulangan sengkang yang juga menggunakan besi polos dengan diameter 8 mm, dengan jarak pemasangan antar sekang sebesar 15 cm, maka total kebutuhan besi beton polos untuk membuat kolom beton bertulang tersebut adalah?

Dari daftar kebutuhan di atas, maka diketahui bahwa Mas bro membutuhkan besi beton polos sebanyak 2 macam, yaitu yang menggunakan diameter 8 mm dan 10 mm. Dimana besi beton polos 10 mm menjadi tiang utama dan besi dengan ukuran diameter 8mm menjadi tulangan sengkang.

Kebutuhan besi utama  10 mm

Untuk kebutuhan volume besi 3,5 m x 4 buah = 14 m, besi yang dijual di pasaran biasanya 11 m.

Jadi mas bro besi  dengan diameter 10 mm yang dibutukan sepanjang 14 m. Sedangkan untuk kebutuhan besi beton 11 m : 14 m adalah1,28 batang

Kebutuhan besi sengkang 8 mm

Untuk kebutuhan besi sengkang pada kolom beton setinggi 3 m mas bro, maka pertama-tama 0,15 : 3 m adalah 23,4 buah sengkang. Sedangkan panjang sengkang per buah yang akan digunakan adalah 0,7 m.

Jadi jumlah panjang besi sengkang yang dibutuhkan 0,7 m x 23 buah adalah 16,1 m.

Dengan demikian, jika bas bro pergi ke toko bangunan untuk membeli sengkang sebanyak 23 buah, apabila ingin memuat sendiri sengkang maka kebutuhan besi dengan ukuran diameter 8 mm sebanyak 1,5 batang dengan panjang 16,1 m. Sedangkan untuk besi berukuran 10 mm, maka mas bro membutuhkan besi beton polos sepanjang 14 m.

Comments

comments