Cara Mengeroll Besi Plat Hitam Eser

posted in: artikel | 0

Besi Plat Hitam EserBagaimana cara mengeroll besi plat hitam eser? Di dalam proses fabrikasi ducting, seorang fitter harus mampu melakukan roll plat eser dengan hati – hati serta mengetahui prosedur yang dibutuhkan dengan benar. Plat eser hitam memiliki tingkat kelenturan dan elastisitas yang tergolong kurang baik pada saat diroll, terlebih jika plat mempunyai ketebalan lebih dari 6 mm dan panjang lebih dari 3 m, sehingga perlakuan pada saat proses pengerollan tidak sama dengan plat jenis lain.

Pengerolan besi plat hitam eser dilakukan dengan teknik persection rolling yakni dengan cara menge-roll ujung plat depan terlebih dulu kemudian ke ujung plat bagian belakang dan dilanjutkan pengerollan secara menyeluruh hingga membentuk lingkaran sesuai kebutuhan.
Kami Toko Besi Permata akan mencoba untuk berbagi cara sederhana untuk mengeroll plat hitam eser untuk ducting dengan ukuran OD 1200mm x 6000mm x 6mm:

– Sebelum menge-roll pastikan kedua sisi plat sudah ditambah free banding. Sesuaikan panjangnya dengan lebar kurang lebih 100 mm hingga 150mm. Untuk membantu menghemat material plat, pergunakan plat besi biasa dengan tebal yang sama yakni 6 mm sebagai free banding.

– Siapkan mal dari bahan triplek, seng atau apapun yang memiliki jari – jari (r) 594 mm. Ukuran ini diambil dari inside ducting atau ID yakni R = OD – 12 dibagi 2 atau sama dengan 594mm.

– Selanjutnya, hidupkan mesin roll. Cek kondisi mesin apakah berfungsi baik atau tidak. Masukkan salah satu ujung plat dan pastikan sejajar dengan poros roll.

– Tekan poros ke bawah

– Putar roll maju sekitar 75 mm dari ujung plat lalu kembali tarik mundur.

– Lakukan langkah tersebut berulang – ulang hingga ujung plat membentuk lengkung dengan jari-jari inside 594mm.

– Jika sudah tercapai target, naikkan poros roll sampai netral.

– Putar mesin roll maju ke ujung plat berikutnya.

– Lakukan proses pengerollan tersebut sampai mencapai target r inside 594mm.

– Jika ujung plat sudah terbentuk lengkung berjari-jari 594 mm, naikkan poros roll sekitar setengah penekanan dan langsung putar mesin mulai ujung depan ke tengah hingga ke ujung belakang sampai besi plat hitam eser membentuk lingkaran sempurna.

Comments

comments