Besi Siku, Tipe Besi untuk Support Terbaik

posted in: Besi Siku | 0

Tipe Besi untuk Support Terbaik

besi-sikuAda banyak istilah dalam dunia konstruksi yang mungkin akan membuat orang awam yang mendengarnya mengernyitkan dahi. Contohnya saja tentang urusan besi. Kebanyakan orang awam mungkin hanya mengerti besi yang dipakai dalam konstruksi sebagai besi-besi biasa yang sering mereka lihat. Tapi tahukah Anda bahwa ada begitu banyak jenis dan tipe besi yang dipakai di dalamnya, dan mereka memiliki fungsinya masing-masing? Salah satunya adalah besi siku.

Besi jenis ini adalah besi yang memiliki bentuk siku-siku 90 derajat, sesuai dengan namanya. Bentuknya seperti huruf L yang bervariasi, dan biasanya dipakai lebih sebagai support untuk struktur yang lainnya sehingga tak mudah roboh. Besi tipe ini sering juga disebut dengan angle bar. Besi ini bentuknya plat yang datar, dan biasanya memiliki panjang sampai 6 meter. Meski demikian, besi ini bisa lebih panjang dan pendek tergantung dari penggunaannya, demikian juga dengan ketebalannya.

Baca juga: Harga Besi Beton 2016

Di permukaannya, besi seperti ini biasanya juga sudah diolah sedemikian rupa sehingga tahan dengan erosi dan korosi. Sebagai efeknya, besi ini bisa bertahan sampai waktu yang sangat lama, bahkan bertahun-tahun. Makanya, besi berbentuk siku ini sangatlah penting untuk melindungi bagian-bagian ujung dan tepi struktur. Untuk lebih jelasnya, mari lihat apa saja manfaat dari besi siku ini:

  • Digunakan dalam konstruksi untuk rak yang penuh dengan barang-barang berat.
  • Banyak dipakai untuk konstruksi kanopi di rumah-rumah pribadi sebagai penguat struktur.
  • Menjadi pendukung atau support vertikal maupun horizontal untuk struktur yang bentuknya silinder seperti menara radio dan peralatan pemancar lainnya.
  • Digunakan sebagai salah satu cara untuk memindahkan barang berat dari satu poin ke poin lainnya, terutama dalam industri pertukangan.
  • Support untuk bangunan yang tinggi seperti pencakar langit.

Menarik melihat banyaknya fungsi yang bisa dilakukan oleh besi yang berbentuk siku ini, bukan? Penggunaan yang bermacam-macam ini sangat tergantung dari bentuk besi ini sendiri. Sebabnya, meskipun bentuk dasarnya sama, ternyata angle bar ini juga memiliki beberapa tipe bentuk yang berbeda-beda. Ini dia beberapa di antaranya:

  1. Angle bar sama sisi, besi ini memiliki sisi yang membentuk L dan kedua sisinya sama panjangnya. Anda akan paling sering melihat bentuk yang seperti ini.
  2. Angle bar tak sama sisi, mirip seperti yang sama sisi, hanya saja panjang kedua sisinya tak sama, di mana yang satu lebih pendek dibandingkan dengan yang lain.
  3. Angle bar lubang, meskipun bentuknya juga L, namun besi ini memiliki lubang-lubang di setiap sisinya. Gunanya adalah untuk menempatkan baut maupun drat di besi tersebut. Anda akan sering melihatnya untuk konstruksi rak.

Apakah besi jenis ini termasuk mahal? Semua itu jelas tergantung dari ukuran, ketebalan, dan juga jenisnya. Anda telah melihat sendiri bahwa jenis-jenis besi ini ada lebih dari satu, dan fungsinya pun juga berbeda-beda. Tentu saja setiap jenisnya akan menghasilkan harga berbeda. Untuk siku dengan ukuran 30×30 BC misalnya, harganya sekitar Rp22 ribuan, sementara yang 30×30 FULL harganya mencapai Rp30 ribuan. Anda harus bertanya sendiri pada penjualnya.

Tempat yang sangat direkomendasikan untuk mendapatkan besi siku ini adalah di besibeton.net. Di sini, Anda akan menemukan berbagai ukuran besi tipe siku dari ukuran 30×30 seperti di atas, sampai dengan ukuran 40×40, 60×60, dan 100×100. Harga yang ditawarkan oleh besibeton.net termasuk terjangkau, dan daftar lengkapnya bisa Anda lihat langsung di website tersebut.

Comments

comments