Bahan Bangunan Dasar Yang Wajib Untuk Diperhatikan

posted in: Harga | 0

Memiliki bangunan rumah yang indah dan nyaman tentunya menjadi impian setiap orang. Namun untuk memiliki rumah impian tersebut tentu membutuhkan beberapa bentuk bahan bangunan yang berkualitas tinggi. Hal ini berkaitan dengan ketahanan dari bangunan tersebut. Karena itulah sebaiknya, Anda pilih beberapa jenis bahan yang tepat dalam membuat rumah impian. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan bangunan dasar yang sangat penting untuk Anda persiapkan dalam membangun rumah impian yang indah, diantaranya :

besi-beton-ulir-potongan

Besi beton

Besi beton adalah salah satu bahan bangunan yang paling dasar dan utama yang bisa Anda persiapkan dari awal. Untuk besi ini ia juga tersedia dalam beberapa bentuk variasi dengan ukuran yeng berbeda. Untuk ukuran terkecil itu sekitar 10mm sedangkan ukuran terbesar bisa mencapai angka 12 meter. Bagi Anda yang ingin membuat bangunan rumah impian dengan struktur pembesian yang kokoh maka sebaiknya Anda gunkan beton dengan ukuran yang cukup besar. Selain itu lebih telitilah dalam memilih beton yang hendak Anda gunakan.

pasir besibeton

Pasir

Pasir juga menjadi bahan selanjutnya yang harus Anda persiapkan dari awal, untuk memilih pasir dengan kualitas yang tinggi, sebaiknya perhatikan bagian dari butiran pasir tersebut, karena pasir yang bagus biasanya memiliki bentuk butiran yang tajam. Selain itu jiika dilihat secara visual, butiran pasir tersebut juga terdiri dari berbagai macam bentuk butiran yang berbeda-beda,karena dengan teksturnya tersebut, maka pasir akan lebih kuat. Sedangkan untuk pasir yang memiliki kualitas buruk biasanya ketika dikepal ia akan menggumpal, selian itu jenis pasir dengan kandungan lumpur yang lebih dari 5% juga termasuk dalam kategori yang berkualitas rendah.

Bata merah atau pun batako

Jika dilihat dari segi harga bata merah dengan batako memang memiliki perbandinga harga yang cukup jauh berbeda, harga dari bata merah jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan batako. Namun untuk segi kualitas yang dimilikinya, bata merah juga memang cenderung lebih kuat. Akan tetapi hal ini bukan berarti bahwa batako tidak kuat untuk dijadikan sebagai bahan bangunan. Tempat jual bahan bangunanbiasanya menyediakan berbagai macam jenis bata merah dengan ukuran yang berbeda. Namun untuk jenis bata merah yang cukup bagus dengan kualitas baik dalam pembuatan rumah, itu bisa dilakukan dengan memilih ukuran sedang dari bata merah tersebut. Sedangkan pemilihan batako bisa Anda lakukan jika segi keuangan memang tidak memungkinakan untuk membangun rumah dengan pengeluaran lebih

kayu besibeton

Kayu

Selain beberapa bagian dari bahan bangunan di atas ada pula bahan yang terbuat dari alam dan bisa Anda gunakan untuk membuat rumah. Bahan tersebut adalah kayu. Untuk kayu yang hendak Anda gunakan dalam membuat bangunan rumah itu bisa dilihat dari segi kandungan airnya yang berada dalam angka  kurang dari 20%, sehingga bangunan pun akan jauh lebih kuat. Jenis kayu yang memiliki kualitas tinggi diantaranya adalah jenis kayu kontruksi dari wilayah Kalimantan, seperti halnya kamper rasamala serta kamper samarinda. Untuk menghindari dari bentuk kayu yang mudah lapuk, Anda dapat menggunakan oven atau pengering kayu, sehingga hal tersenut pun tidak akan terjadi pada bangunan yang Anda miliki.

Genteng-besibeton

Genteng

Bagian dari bahan bangunan terakhir yang biasanya terdapat di tukang jual bahan bangunan adalah genteng. Ya, bahan yang dapat melindungi bagian atap rumah ini terbuat dari tanah liat dan juga terkadang didampingi oleh penggunaan besi beton yang membuatnya semakin kuat. Dengan adanya atap dari genteng tersebut, maka kondisi di dalam rumah pun akan terasa lebih sejuk atau bahkan teduh. Namun untuk menerapkan bagian genteng itu sendiri dibutuhkan adanya kerangka dari bagian atap yang jauh lebih kuat pula.

Comments

comments