Alasan Memilih Konsep Arsitektur Tematik untuk Hunian

posted in: artikel | 0

Membangun hunian yang lebih eksplisit menjadi sangat memungkinkan dengan konsep arsitektur tematik yang kini tengah menjadi trend. Sesuai dengan namanya, konsep arsitektur satu ini mengambil satu tema kemudian diwujudkan dalam desain fisik bangunan. Konsep ini memang lebih dulu populer di luar negeri seperti adanya museum berbentuk seekor gajah, atau galeri musiMembangun hunian yang lebih eksplisit menjadi sangat memungkinkan dengan konsep arsitektur tematik yang kini tengah menjadi trend.k dengan bangunan berbentuk gitar, dan lain sebagainya.

Perlahan konsep tematik ini masuk ke tanah air dan tidak hanya bisa diadopsi untuk membangun sebuah gedung publik, seperti gedung perkantoran. Melainkan juga sangat memungkinkan untuk diterapkan pada hunian pribadi. Supaya hasilnya optimal mempergunakan jasa arsitektur handal bisa dijadikan pilihan meskipun perlu merogoh kocek lebih dalam. Namun, jika ingin berhemat tentu perlu diakui desain tematik cukup sulit ditekuni secara mandiri. Kecuali memiliki ilmu di bidang arsitektur.

Alasan Memilih Arsitektur Tematik

Meskipun sedikit eksentrik namun penggunaan konsep arsitektur tematik terbilang cukup menarik. Adapun alasan mengapa perlu menimbang penggunaan konsep ini ketika membangun hunian adalah:

        1. Memiliki hunian yang unik, Hunian tematik mampu menyuguhkan bentuk bangunan yang tidak biasa sehingga dijamin unik. Sangat cocok bagi siapa saja yang berkeinginan punya hunian tidak biasa dan mencolok diantara hunian para tetangga.
        2. Memaksimalkan lahan yang minimalis, Minimnya lahan sudah menjadi masalah klasik dalam pemenuhan kebutuhan papan, khususnya masyarakat kota besar. Siapa sangka dengan konsep arsitektur bertajuk tematik ini masalah lahan bisa lebih mudah terselesaikan. Sebab desain bangunan bisa dibuat unik meski lahan tidak begitu luas. Bahkan sangat memungkinkan berdiri di lahan super sempit.
        3. Solusi memperbanyak ruang, Lahan sempit namun ingin memiliki hunian yang unik dan menarik, maka konsep tematik tepat dijadikan pilihan. Meskipun berdiri di lahan yang tidak begitu luas namun gaya arsitektur ini mampu menyuguhkan banyak ruangan.
        4. Menyesuaikan dengan selera, Semua orang tentu punya impian tinggal di rumah sesuai keinginan, arsitektur bergaya tematik cocok dijadikan pilihan. Sebab tema bangunan bisa dibuat mempresentasikan karakter si pemilik hunian tersebut.

Melihat alasan di atas tentu bisa menimbang penggunaan konsep arsitektur tematik pada saat membangun rumah impian.

Comments

comments